Panen Padi Dikala Musim Hujan, Ini Yang Dirasakan Petani Carita

0
36

Pandeglang, Badakpos.com – Memasuki akhir tahun 2020, para petani yang tergabung di kelompok tani (Pokta) Harapan Mulya yang berdomisili di kampung Susukan desa Sukarame kecamatan Carita, sedang melaksanakan panen padi yang berteptan dengan musim penghujan, berdasarkan informasi yang didapat di lapangan pada kamis (24/12).

Ketua Poktan Harapan Mulya Murtajaya atau lebih dikenal dengan nama Uta saat ditemui badakpos.com mengatakan, bahwa sudah beberapa hari ia bersama teman-teman sedang melaksanakan panen padi.

Adapun area sawah itu di blok tegal kopi dengan hamparan sekitar 25 hektare, dan biasanya saat bobot padi sedang bagus. Hasil yang didapat bisa mencapai 5 ton gabah per hektare nya, terang Uta.

Akan tetapi kata Uta, saat panen padi ini bertepatan dengan datangnya musim hujan. “Ini yang menjadi kendala, diantaranya pemetikan atau pengaritan, penggebotan padi hasil panen juga kendala yang utama adalah penjemuran gabah”, ungkapnya.

Dilanjutkan Uta, kalau cuaca hujan terus begini, gabah bisa berubah warna menjadi hitam. Sehingga kualitas gabah jelek dan harga jual anjlok, pungkasnya. (BP11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here