Panen Padi Gunakan Alsintan, Jadi Tontonan Warga

0
0

Pandeglang, badakpos.com – Dibeberapa daerah wilayah kabupaten Pandeglang, ada yang telah melaksanakan panen padi, ada juga yang sedang dan bahkan belum sama sekali.

Ini adalah dampak dari pola tanam padi yang tidak serentak, karena masih banyak pesawahan yang mengandalkan pengairan sistem tadah hujan.

Dan tidak terkecuali di kampung Mataram desa Sukarame, kecamatan Carita, yang saat ini sedang melaksanakan panen padi dengan menggunakan combine(mesin pemetik padi), berdasarkan pantauan badakpos.com Minggu(18/5).

Atiah salah seorang warga saat ditemui dilokasi mengatakan, jarang melihat saat panen/memetik padi dengan mesin, karena disini kebanyakan masih digebot(bahasa daerah/manual).

Lanjut Atiah, bahkan tadi malam ada beberapa warga dengan dibantu penerangan lampu, ngagebot/ngageprak hasil panen.”Siang hari mengumpulkan tangkai padi, malamnya digebot/digeprak, itu kebiasaan dari dulu saat bulan ramadhan”, tutur Atiah.

Ditempat yang sama, Hanapi operator combine mengatakan, panen kali ini bertepatan dengan bulan ramadhan, ia dan teman-temanya kebanjiran order serta ada penghasilan lebih buat kebutuhan lebaran, tutupnya.(Bp-11)

Komentar dibawah ini