Para Penyelam SMP IT Irsyadul ‘Ibad

0
0

Oleh : Siti Masitoh, S.Pd

Penulis adalah : Wakil Kepala Sekolah SMPIT Irsyadul ‘Ibad.

 

Masuk sekolah tinggal menghitung hari sedangkan kondisi masih pandemi. SMPS IT Irsyadul ‘Ibad menyelenggarakan salah satu kegiatan kesiswaan yaitu MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) atau OBSESI (Orientasi Bersama dan Edukasi Bersama Siswa ) secara online. MPLS atau OBSESI harus diadakan karena kegiatan ini merupakan langkah awal mengenalkan suatu tempat dimana siswa akan berada dalam tempat tersebut dalam waktu yang cukup lama.

SMPS IT Irsyadul ‘Ibad mengemas kegiatan MPLS dengan konten yang beragam, karena banyak hal yang harus siswa ketahui dari kegiatan MPLS. Konten tersebut diantaranya adalah, Untuk Siswa, 1) Mengenal lembaga Irsyadul ‘Ibad, 2) Mengenal Asatidz dan Asatidzah, 3) Mengenal Teman dan Kakak Kelas, 4) Materi Adab, 5) Budaya SMPS IT Irsyadul ‘Ibad, 6) Sosialisasi Pembelajaran Daring, 7) Motivasi Quran, 8) Bela Negara, 9) Merancang Masa Depan.

Untuk Orangtua, 1) Profil Sekolah, 2) Sistem Kurikulum, 3) Budaya sekolah dan pengembangan diri, 4) Sosialisasi pembelajaran daring. 5) Parenting tips “Bahagia Menangani Anak Belajar di Rumah”.

Selain konten yang disiapkan untuk siswa dan orangtua, kami juga memberitahu sarana apa saja yang akan digunakan ketika MPLS diantaranya. Group WA orangtua, Zoom meeting, Kahoot, Presensi mutaba’ah melalui, Gform, Ruang Guru dan Aktivitas mandiri.

Siswa baru di SMPS IT Irsyadul ‘ibad kami panggil dengan sebutan Penyelam, maksudnya selama di SMPS IT Irsyadul ‘ibad mereka mulai menyelam untuk mencari mutiara-mutiara berharga. Mutiara itu ibarat ilmu-ilmu yang bermanfaat yang akan menjadi bekal dalam mengisi setiap aktifitas siswa baik ketika kegiatan sekolah maupun ketika kegiatan diluar sekolah.

Mutiara yang mereka cari bukan hanya pada kegiatan formal di sekolah, tetapi ketika berkegiatan nonformal pun mereka masih harus mencari mutiara tersebut.

MPLS di SMPS IT Irsyadul ‘ibad akan dlaksanakan selama 3 hari. Kegiatan pengenalan lembaga (Sekolah, Asatidz/Asatidzah, teman/kakak kelas, Budaya Sekolah) kita tayangkan dalam bentuk video profil.

Sosialisasi pembelajaran daring akan disampaikan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Untuk materi Adab, Bela Negara, Motivasi Quran, dan Merancang masa depan akan disampaikan secara live oleh narasumber yang in syaa allah ahli dibidangnya.

Titik perhatian dari setiap konten MPLS adalah pada materi adab. Adab adalah materi yang sangat penting yang harus siswa ketahui, karena saat ini banyak sekali anak-anak yang kurang beradab baik dari segi perkataan maupun perbuatan.

Banyak anak yang tidak bijak dalam menggunakan media sosial (Mengatakan kata-kata yang amoral, mengunggah foto/video yang amoral) tentunya ini menjadi pekerjaan rumah bagi para pendidik. Sejak awal masuk sekolah, sebaiknya anak mendapatkan pencerahan tentang ilmu adab.

Harapannya, anak bisa mengevaluasi diri tentang apa yang sudah dikatakan dan dilakukan apakah sudah sesuai dengan alquran dan assunah.

Narasumber yang kami pilihpun adalah orang yang ahli dibidangnya, supaya apa yang disampaikan ke anak-anak bisa disesuaikan dengan pemahaman mereka di jenjang SMP.

Usia siswa SMP adalah usia yang rentan terhadap hasutan, rentan terjerumus kedalam pergaulan yang tidak baik, karena mereka sedang ada pada fase ingin mencoba hal-hal baru.

Jika hal barunya positif ya tidak masalah, hanya saja jika hal barunya negatif maka ini akan menjadi boomerang untuk kita semua. Memberikan asupan nutrisi ruhiyah terbaik kepada anak dengan harapan mereka bisa lebih bijak dalam menentukan sikap.

Panitia MPLS berusaha memberikan konten yang dapat memotivasi anak untuk membersamai alquran sepanjang hidupnya.

Yakni Motivasi Quran yang in syaa allah akan disampaikan oleh seorang Hafidz, diharapkan dapat mengalirkan energy quran yang dahsyat kepada anak-anak. Anak-anak akan dimotivasi supaya menjadikan alquran sebagai sahabat terbaik dalam kondisi apapun. Karena segala peraturan tentang bagaimana kita mengisi kehidupan ini semuanya tertera dalam alquran.

Bela Negara juga menjadi materi pada kegiatan MPLS, karena kami ingin mengarahkan siswa supaya menjadi generasi yang cinta tanah air, berusaha menjadi generasi yang menebar manfaat ke semua umat. Materi Bela Negara akan disampaikan oleh seorang abdi Negara yang bertugas di Kepolisian.

Selain menyampaikan materi bela Negara, kami juga menghimbau kepada narasumber agar bisa memberikan gambaran tentang penyimpangan sosial versi kepolisian, kasus apa saja yang telah ditangani, semua anak-anak mendapatkan informasi bahayanya melakukan penyimpangan sosial dan sanksinya.
Merancang Masa Depan merupakan materi yang disampaikan untuk memotivasi anak-anak mulai merancang masa depannya.

Apa yang akan dilakukan selama di SMP, SMAnya mau dimana, targetnya seperti apa, perguruan tinggi yang dipilih apa dan mau bekerja dimana. Biasanya siswa akan diminta membuat buku impian, harapannya dengan membuat buku impian siswa bisa termotivasi untuk melakukan hal-hal baik.

Karena apa yang kita tanam maka itu juga yang akan kita panen. Anak-anak dimotivasi untuk semaksimal mungkin untuk mengelola potensinya menuju hidup yang lebih bermanfaat untuk umat. Semoga dengan kegiatan yang terencana ini, allah senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran.

Komentar dibawah ini