Parenting Penting Untuk Tumbuh Kembang Anak

Pandeglang, Badakpos.com –  Parenting sangat penting untuk pertumbuhan dan Perkembangan anak, hal tersebut disampaikan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pandeglang Neng Eha Pery, saat menghadiri Seminar Parenting dalam rangka Peringatan Hari Ibu yang di gelar Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) di Pendopo, Selasa (3/12/2019).

“Pasalnya, Parenting merupakan cara orang tua mendidik anak dalam proses pembelajaran, pengasuhan dan intreaksi antara orang tua dan anak yang meliputi aktivitas memberi petunjuk, memberi makan, pakaian, dan melindungi anak saat mereka tumbuh berkembang,”  ungkapkan Ketua DWP Kabupaten Pandeglang Neng Eha Pery.

lanjut Neng Eha, “pertama anak adalah di lingkungan keluarga, terutama mendidik anak usia dini. Apa yang kita ucapkan, kita lakukan, atau kita respon, jika itu terlihat dan terdengar oleh anak, semua terekam dengan baik. Jadi, jika suatu saat anak akan melakukan hal yang sama,” katanya.

Hal senada dikatakan Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pandeglang Titin Endjang, Ia mengatakan seminar parenting ini sangat penting bagi para orang tua, dimana peran orang tua faktor utama dalam keluarga, apalagi di kaitkan dengan situasi dan kondisi saat ini era digital.

“Tentunya orang tua harus memiliki kecerdasan dalam pola asuh anak, ungkapnya Ia berharap, dengan adanya seminar ini para orang tua memiliki wawasan terhadap pola asuh anak, sehingga ilmu yang di dapat bisa di implementasikan dalam kehidupan rumah tangga”, ujar Titin.

Sementara itu, Sekretaris DP2KBP3A Pandeglang Mohamad Kabir dalam acara seminar tersebut menjelaskan, membesarkan dan mendidik anak bukanlah perkara mudah. Menurutnya, kekeliruan orang tua dalam menerapkan pola asuh dapat memengaruhi perilaku anak di kemudian hari.

“Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mempelajari prinsip parenting yang benar agar bisa membentuk karakter positif pada anak,“ jelasnya.

Lanjut, Mohmad Kabir, “parenting sangat menentukan dalam tumbuh kembang anak, oleh karena itu Pemkab Pandeglang terus berupaya untuk memberikan pemahaman kepada orang tua dengan cara melakukan sosialisasi dan melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya bina keluarga balita yang melibatkan semua organisasi dan masyarakat, jelasnya.

“Anak adalah aset bagi bangsa dan orang tua, maka dari itu pemenuhan pendidikan, pola asuh, harus terpenuhi dan terintegrasi dengan baik,” tutupnya.

Parenting dalam rangka Peringatan Hari Ibu di hadiri Sekda Pandeglang Pery Hasanudin, dan di ikuti seratusan peserta dari berbagai organisasi, diantaranya Dharma Wanita Persatuan (DWP), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pandeglang, Persit, Bhayangkari. (BP1).

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *