Pasca Putusan PN Jakut, Kemendagri Angkat Jarot Sebagai Plt Gubernur DKI

0
4

Badakpos.com, Jakarta – Pasca pembacaan vonis atas terdakwa Basuki Tjahaya Purnama yang dibacakan majeis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara pagi tadi Selasa (9/5), maka  sore ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo atas nama pemerintah pusat akan memberikan surat penugasan kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat sebagai pelaksana tugas (Plt) gubernur menggantikan Basuki Tjahja Purnama (Ahok).

“Dengan ditahannya Gubernur DKI Jakarta Ahok dan tidak bisa menjalankan tugas sehari hari, maka sore ini jam 16.30 di Balaikota DKI, sebagai Mendagri atas nama pemerintah pusat memberikan surat penugasan kepada Wagub DKI Djarot sebagai Plt,” kata Tjahjo.

Dikutip dari laman kemendagri.go.id, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) tak bisa melanjutkan tugas dan kewenangannya sebagai kepala daerah. Ini berdasarkan Pasal 65 ayat 3 Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Kalau dia tidak ditahan, ancaman hukumannya berapapun yang bersangkutan bisa terus melanjutkan masa jabatannya sampai ada keputusan tetap. Namun, karena yang bersangkutan (Ahok) ditahan maka tidak bisa menjalani sehari-hari pemerintahannya.” Ujarnya. (BP-2) Sumber : Puspen Kemendagri

Komentar dibawah ini