Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Pemerintahan Daerah Kabupaten Sumenep

0
30

Oleh : Ayustin Suryaningrum

Penulis Adalah : Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sumenep merupakan kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura. Kabupaten ini sangat unik karena hampir separuh dari wilayahnya terdiri dari kepulauan. Sumenep mempunya luas wilayah kepulauan 946,53 kilometer persegi atau 45,21 persen dari keseluruhan wilayahnya. Wilayah kepulauan tersebut dibagi menjadi sembilan kecamatan yang terdiri atas 126 buah pulau kecil. Bahkan, 78 pulau di antaranya tidak berpenghuni.

Salah satu masalah birokrasi yang terjadi di Kabupaten Sumenep dan perlu di benahi adalah terkait Pelayanan Publik. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat masih sangat lamban sering terjadi keluhan. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah tersebut Pemerintahan Kabupaten Sumenep menbentuk Mall Pelayanan Publuk (MPP) untuk mengintegrasikan berbagai layanan Instansi Pusat, Daerah, BUMN, BUMD, dan unit layanan pendukung lainnya dalam satu lokasi yang sama.

MPP merupakan bagian dari komitmen pemerintah daerah Sumenep memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat untuk melakukan pelayanan publik sehingga masyarakat lebih efektif dan efisien untuk mengurus kebutuhan perizinan dan lainnya.

Namun dalam situasi Pandemi COVID19 seperti saat ini, sebagai upaya mencegah dan mengurangi resiko penularan Covid19 kepada masyarkat sumenep sementara pelayanan MPP hanya dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang memberikan layanan. Pembentukan MPP ini tentunya membutuhkan komitmen dan sinergitas Bupati dan jajarannya dengan lembaga yg ada di daerah serta masyarakat, untuk bersama – sama memberikan pelayanan publik yg berkualitas dalam satu tempat. Harapan kedepan Pemerintah Daerah Sumenep akan mengembangkan MPP.

Selain Itu tidak hanya 100 pelayanan tetapi lebih dari itu. Sebab masih ada instansi yang belum bergabung di MPP. Agar nantinya bisa memudahkan warga sumenep terutama yg bertempat tinggal diwilayah kepulauan agar lebih efektif dalam pengurusan surat – surat di satu tempat yang sama yaitu MPP.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here