Pelantikan Penegak Laksana Sarana Menumbuhkan Karakter Kesholehan Sosial

0
1

Pandeglang, Badakpos.com – Selain menjadi sarana ibadah melalui tadabur alam, dan pendidikan Leadership pelantikan penegak laksana juga diharapkan dapat menumbuhkan karater kesholehan sosial bagi peserta didik, hal tersebut disampaikan Kepala Madrasah MAN 2 Pandeglang saat membuka kegiatan pelantikan pramuka penegak laksana, Jumat (1/11).

Gerakan Pramuka Pangkalan MAN 2 Pandeglang, menggelar pelantikan Penegak Laksana selama 2 hari (1 – 2 November 2019), di bumi perkemahan Pemda Cipanas Cisolong.

Pantauan badakpos.com, kegiatan diikuti oleh 80 orang peserta dari kelas Xl, dan panitia dari kelas Xll. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu program kerja dari gudep dan Dewan Ambalan Pramuka Pangkalan MAN 2 Pandeglang masa bakti 2018/2019.

Rangkaian kegiatannya diawali dengan upacara pembukaan yang dilasanakan di Kampus MAN 2 Pandeglang, dihadiri oleh segenap civitas akademika MAN 2 dan dibuka langsung oleh Kepala Madrasah, Slamet, Dalam sambutannya berpesan agar momentum kegiatan Pelantikan Penegak Laksana ini sebagai sarana untuk ibadah melalui tadabur alam serta pendidikan Leadership bagi peserta guna menumbuhkan jiwa dan karater kesholehan sosial bagi peserta.

Ditemui dilokasi perkemahan, pembina pramuka putera Hasan Afifi menuturkan bahwa kegiatan pelantikan tersebut merupakan rutinitas yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Lebih lanjut Hasan menyanpaikan bahwa Pelantikan Penegak Laksana kali ini lebih menantang, selain harus menjelajah selama sesuai ketentuan syarat kecakapan umum (SKU) Prmauka Penegak Laksana, para peserta juga wajib melakukan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya membantu membersihkan masjid atau musholla, gotong royong membersihkan selokan bersama masyarakat, membantu pekerjaan rumah tangga warga dan lain lain.

“Peserta dituntut ikut terjun langsung mwngikuti rutinitas warga masyarakat, harapanya dapat menjadi pembelajaran yang sangat bermanfaat sebagai bekal saat nanti mereka kembali kepada masyarakat,” ujar Hasan.

“Selain itu juga peserta dilatih kemandirian bertahan hidup di alam terbuka (survival), dan diberikan suguhan materi menarik salah satunya yang kami hadirkan adalah Kak Irwandi, mantan ketua Deqan Kerja Cabang Kwarcab Pandeglang, yang juga kini menjadi Pemred Badak Pos.com,”jelas Hasan.

Hasan juga menambahkan, “Sebagai ciri khas Pramuka Madrasah, peserta juga diwajibkan melaksanakan rutinitas ibadah secara berjamaah, diantaranya yasinan, do’a bersama dan sholat sunnah tahajud sebagai sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” imbuh Hasan.

Saat ditanya alasanya memilih tempat di buper Cipanas Cisolong, Hasan. menuturkan, “Setelah acara di tutup nantinya para peserta akan di persilahkan untuk melepaskan lelah dengan berendam di obyek wisata kolam air panas Cisolong”, tutup Hasan. (BP1).

Komentar dibawah ini