Pelayanan Kecamatan Sudah Baik, Namun Embung Belum Tepat Sasaran

0
5

Pandeglang, Badakpos.com – Setelah melakukan kunjungan ke beberapa Kecamatan, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban dapat menyimpulkan untuk pelayanan di Kecamatan cukup berjalan baik. Menurutnya hanya pembangunan embung saja yang kurang komunikasi dengan baik. “Untuk pelayanan memang saat ini selalu ada interpensi dari kabupaten agar berbasis teknologi. Namun untuk embung masih belum dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat khususnya petani,” demikian dikatakan Tanto saat di wawancara usai acara PDAM, Kamis (16/2/2018).

 

Sejauh ini, kata Tanto, fungsi embung adalah untuk cadangan air saat terjadi kekeringan. Namun kata dia, pada pelaksanaannya banyak embung yang dibangun jauh dari areal pesawahan. “Alasannya memang bisa kita terima, lantaran lokasi tanah yang dihibahkan lokasinya jauh dari pesawahan. Namun ini juga dapat kita siasati untuk perikanan dan wisata,” ucapnya.

 

Lebih lanjut Tanto menyampaikan, jika para Kepala Desa mengalami permasalahan dalam melaksanakan program Dana Desa, dapat berkonsultasi dengan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD). “Mengapa demikian, agar program Dana Desa ini dapat dirasakan oleh masyarakat. Dan apabila pembangunan embung terkendala dengan lahan kita akan coba siasati dengan pengadaan lahan, namun dicari dulu payung hukumnya, ” lanjutnya.

 

Terpisah, Camat Kaduhejo Siti Masitoh, di Kecamatan Kaduhejo sendiri, dari sepuluh Desa yang ada hanya enam desa yang membangun embung. Hal ini kata dia (Masitoh), karena terbentur dengan lahan. “Karena tidak ada hibah dari masyarakat, jadi tidak semua desa membangun embung,” kata Masitoh, pekan lalu saat Bupati dan Wakil Bupati kunjungan kerja ke Kecamatan Kaduhejo.(Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here