Pembangunan Dari Dana Desa Harus Padat Karya

0
13

Pandeglang, Badakpos.com – Banyak anggaran yang digulirkan untuk pembangunan di Desa, hal ini untuk menjadikan desa lebih maju dan berkembang. Oleh sebab itu setiap program kegiatan yang dibiayai dari anggaran Dana Desa harus dikerjakan secara padat karya. “Hal ini dilakukan agar meningkatkan perekonomian masyarakat. Jangan sampai pembangunan di desa di kontraktuilkan,” ungkap Irna Narulita pada acara Kunjungan Kerja di Kecamatan Koroncong, Senin (12/2/2018).

Menurut Bupati Irna, jika dipadat karyakaan selain memang intruksi Bapak Presiden Repulik Indonesia (RI) Joko Widodo, dengan padat karya masyarakat dapat langsung menerima manfaat nya. “Selain infrastruktur bagus, masyarakat juga mendapatkan upah dari apa yang dikerjakan,” lanjutnya.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, setiap program di desa harus dilaksanaan oleh orang desa itu sendiri. Dima kata Tanto, ekonimi masyarakat akan bergerak, sehingga Dana Desa akan bermanfaat. “Kecamatan, dan Desa harus bersinergi dengan Kabupaten. Dengan Dana Desa inilah kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan,” katanya.

 

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Tofik Hidayat mengatakan, jika dana desa yang digulirkan saat ini adalah kurang lebih 361,4 miliar. Jumlah tersebut kata dia, dari DD sebesar 229 miliar, ADD 126 miliar, Retribusi Daerah 2 miliar, dan Pajak Daerah 3,7 miliar “ Jadi tiap desa akan mendapatkan dana desa sebesar 1 – 1,2 miliar. Dan tidak ada yang dibawah satu miliar,” katanya.
Acara kunker di Kecamatan Koroncong, selanjutnya melakukan peninjauan kerajinan tangan di Kampung Cilembai, SDN Gerendong 1 Desa Gerendong, meninjau jalan Sukajaya Paniis sepanjang 1,8 Km dikali lebar 3 meter, Pembangunan Pavim Block Jalan Abul Latif Kampung Awi Lega, Mengunjungi Majlis taklim Nurul Iman, dan selanjutnya senam sehat dalam rangka Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

 

Hadir pada acara ini Sekda Fery Hasanudin, Asda I Agus Priadi Mustika, Asda II Indah Dinarsiani, Asda III Undang Suhendar, Kepala BKD Ali Fahmi Sumanta, Kadiskomsantik Yahya Gunawan, Kadis Lingkungan Hidup Anwari Husnira, Kadinsos Tati Suwagiharti, Kadis Kesehatan Didi , Kadis Pariwisata Salman Sunardi, Staf Ahli Bupati Abdul Ghaffar, Dirut RSUD dr Firman, Kabag Humas Mustandri, Kabag Umum Puji Widodo, Kabag Pemerintahan Doni Hermawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here