PEMERINTAH AKAN TERUS BERUPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PETANI

0
6

PANDEGLANG – Bupati  Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, hingga saat ini Pemkab terus melakukan upaya agar kesejahteraan para petani di Pandeglang terus membaik. Karenanya, kata Bupati Hj. Irna Narulita, semua pihak diharapkan bisa berpartisipasi untuk mewujudkan harapan tersebut. “Harus ada solusi juga untuk kesejahteraan para petani ini. Pemerintah juga sudah menganggarakan untuk proses pembangunan di sektor pertanian yang cukup besar, belum lagi bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) luar biasa, selain bantuan yang terfokus untuk benih dan pupuk, ada lagi bantuian untuk permasalahan banjir sebesar Rp100 miliar,” Hal tersebut disampaikan pada kegiatan pelantikan DPC Pemuda Tani di Pendopo Pandeglang, Rabu (11/1)

Bupati Hj. Irna Narulita juga mengatakan, selama ini Pemkab Pandeglang membutuhkan tim atau agen yang bergerak dibidang pertanian. Tujuannya, kata Bupati, untuk mengoptimalkan semua lahan pertanian yang ada, demi kesejahteraan bersama.

“Kita butuh agen perubahan, karena selama ini sudah banyak lahan pertanian yang ditinggalkan lantaran beralih fungsi. Tapi di Pandeglang, Ibu pastikan alih fungsi ini nggak akan terjadi, dan tidak diperbolehkan karena harus tetap 54 ribu hektare, kalau bisa luasnya harus bertambah,” ujarnya.

Irna mengklaim, dengan banyaknya lahan pertanian yang digarap secara optimal bisa meningkatkan kesejahteraan para petani dan nama Pandeglang. “Kita (Kabupaten Pandeglang-red) adalah lumbung pangan untuk Provinsi Banten, karena menyuplai beras sebanyak 40 persen, dan dua persen untuk nasional. Kita harapkan untuk tahun ini bisa lebih dari dua persen untuk menyuplai pangan nasional, kita akan fokus di pengairan agar cita-cita itu tercapai,” katanya.

Irna meyakinkan, salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan mengoptimalkan sumber daya lokal dalam menggarap lahan pertanian yang ada. “Para pemuda yang begronnya bergerak di bidang pertanian, Ibu (Irna menyebut namanya-red) minta untuk kembali ke Pandeglang, agar bisa membuktikan bahwa Pandeglang bisa menjadi lumbung padi seperti tahun 1970, dimana saat itu petani sangat sejahtera dan Banten sebagai penyuplai beras terbesar,” katanya.

Komentar dibawah ini