PEMERINTAH HARUS DAPAT MENJABARKAN ARTI OTDA, TIDAK MENGESAMPINGKAN INOVASI DAERAH

0
11

PANDEGLANG – Achmad Dimyati Natakusumah, salah satu putra daerah yang pernah menjabat sebagai Bupati Pandeglang selama dua periode, menyikapi pelaksanaan roda pemerintahan di Kabupaten Pandeglang, Dimyati mengatakan , daerah tentu harus dapat menjabarkan arti dari Otonomi Daerah, dan tidak mengesampingkan kerjasama baik nasional maupun internasional untuk memajukan daerah tersebut.

“Otonomi daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri untuk urusan pemerintahan dan kepentingan rakyat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Maka Pemkab Pandeglang harus fokus dan lebih banyak ada ditengah masyarakat untuk mensukseskan otda didaerah Kabupaten Pandeglang, menuju rumah sehat keluarga sejahtera,” katanya.

Dengan adanya otonomi daerah, kata Dimyati, bukan lantas daerah menutup rapat untuk tidak menerima kerjasama dari para pemegang modal untuk berinvestasi di Pandeglang. Justru malah sebaliknya, dengan hadirnya para investor di pandeglang akan membuka sebuah peluang usaha untuk memajukan daerah.

“Kita harus coba membuka tangan kita untuk dapat menerima keberadaan investor semata- mata untuk kemajuan pandeglang. Namun apabila hadirnya mereka membawa mudarat, ini harus kita cegah,” jelasnya.

Menurut Dimyati, Pelaksanaan otonomi daerah selain berlandaskan pada acuan hukum, juga sebagai implementasi tuntutan globalisasi yang harus diberdayakan dengan cara memberikan daerah kewenangan yang lebih luas, lebih nyata dan bertanggung jawab, terutama dalam mengatur, memanfaatkan dan menggali sumber-sumber potensi yang ada di daerah masing-masing.

“Dengan sumberdaya yang besar di pandeglang, salah jika tidak dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat. Karena Pelaksanaan otonomi daerah merupakan titik fokus yang penting dalam rangka memperbaiki kesejahteraan rakyat. Pengembangan suatu daerah dapat disesuaikan oleh pemerintah daerah dengan potensi dan kekhasan daerah masing-masing,” paparnya. (BP-2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here