Penasaran Akan Situs Batu Tulis Muruy, Ini Yang Dilakukan Salah satu Warga Luar

Pandeglang, badakpos.com – Masih banyak warga yang kurang mengetahui situs Batu tulis yang berada di desa Muruy, kecamatan Menes kabupaten Pandeglang.

Padahal situs Batu tulis merupakan salah satu tempat wisata religi, serta itu merupakan peninggalan kerajaan Pucuk umum.Adapun tulisan Arab yang ada di batu seperti ini “Athal Hamam Khomsatun Anabu Sahro Al-Sanatun(1161 H) atau (1741 M), berdasarkan informasi yang tercantum/tertulis di plang, Rabu(11/9/2019).

Konon awalnya batu tulis itu ditemukan warga pada 1980-an, kala itu Batu tulis terlilit akar pohon besar yang ada di lokasi tersebut, lalu dibersihkan dan terus dirawat, serta pihak Pemkab Pandeglang menjadikannya salah satu kawasan wisata, terang salah satu warga sekitar.

Lanjutnya, pada pemerintahan kesultanan Banten, lokasi Batu tulis pernah menjadi tempat singgah Sultan Muhammad Syifa Zaenal Arifin, yang merupakan penyebar agama Islam di Banten sebelum Sultan Hasanudin.

Selain itu, salah satu keturunan dari Sultan Muhammad Syifa Zaenal Arifin bernama Nyi Mas Kamilah juga pernah singgah di lokasi itu, selain menyebarkan syiar agama Islam juga menghindari pengejaran penjajah Belanda, terangnya.

Sementara, Haji Udin salah seorang warga kecamatan Angsana saat ditemui di lokasi mengatakan, bahwa ia mengetahui situs Batu tulis dari youtube, karena penasaran ia bersama keluarga dan teman mengunjungi Batu tulis itu.Mungkin bisa saja Batu tulis Muruy masih ada hubungannya dengan Batu tulis yang ada di kecamatan Munjul, ternyata lokasi Batu tulis ini cocok dijadikan tempat wisata bersama keluarga, terang Haji Udin.

Terpisah, Syamsudin salah seorang warga kecamatan Jiput mengatakan, bahwa yang berkunjung ke Batu tulis Muruy kebanyakan warga luar Menes dan Jiput, jika musim kemarau enaknya lewat jalan desa Pamarayan Jiput, karena sangat dekat ke lokasi tinggal nyebrang bendungan atau sungai, untuk musim hujan sebaiknya lewat desa Muruy kecamatan Menes, imbuhnya.(Bp11)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *