Pencak Silat BEKSI Banten Pilih Jazuli Juwaini Sebagai Warga Kehormatan

0
221

Pandeglang, BadakPos.com- Ikatan Pencak Silat Betawi (BEKSI) Provinsi Banten pilih KH Jazuli Juwaini, MA menjadi warga kehormatan dalam organisasi persilatan tersebut.

Seremoni penobatan dipimpin oleh Ketua BEKSI Banten H Farid Bustomi, dengan menyematkan seragam pencak silat berwarna merah, Sabtu (13/6).

“Terima kasih kepada BEKSI Banten dan seluruh perguruan pencak silat di Banten atas penghormatannya menjadikan saya aebagai warga kehormatan. Saya sebagai Warga Banten berharap agar seluruh perguruan dan pendekar pencak silat bisa bersatu menjaga Budaya Banten” kata Jazuli.

Jazuli juga mengajak para pendekar pencak silat untuk bisa menjaga dan mengayomi masyarakat.

“Jangan sampai keberadaan para pendekar silat di tengah masyarakat malah menjadikan masyarakat takut. Kita harus munculkan pencak silat yang berbudaya dan bersahabat,” imbaunya.

Jazuli mengakui bahwa potensi dan kekuatan warga pencak silat cukup besar.

“Ada beragam perguruan silat di Banten. Ini sangat luar biasa,” tuturnya.

Ia juga berharap, pencak silat tetap menjadi bagian dari budaya Indonesia.  Pasalnya, kata dia, saat ini banyak warga asing yang mulai mengembangkan dan mendirikan perguruan silat di luar negeri.

“Pencak Silat adalah budaya nusantara, jangan sampai diambil negara lain, yang jago silat buat perguruan dan pencak silat harus dibudayakan. Ini jangan sampai menjadi budaya luar. BEKSI menjadi salah satu perguruan yang menunjukkan bahwa silat adalah budaya bangsa,” pungkasnya. (BP2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here