Penilaian Sakip Memang Penting, Namun Outcome Pembangunan Lebih Penting

0
12

Pandeglang, Badakpos.com – Pemerintah Kabupaten Pandeglang melakukan koordinasi dengan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi (Menpan-RB) terkait pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (Sakip), Jum’at (16/6).

Kata Wakil Bupati Pandeglang H. Tanto Warsono Arban mengatakan, penilaian Sakip memang penting, namun yang paling utama adalah outcome program pembangunan yang dilaksanakan oleh setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

“Yang paling utama harus kita lakukan adalah manfaat dari program yang dilaksanakan harus dapat memberikan dampak manfaat bagi masyarakat, karena penilaian hanyalah bonus dari hasil program kegiatan yang dilaksanakan,” kata Wabup Tanto Arban.

Wabup menambahkan, jika semua OPD fokus dalam setiap program kegiatan yang dilaksanakan, penilaian Sakip Kabupaten Pandeglang dapat meningkat pada tahun yang akan datang.

“Untuk itu para OPD harus memahami setiap program yang dilaksanakan harus strategis dan yang sekala prioritas,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Repormasi Birokrasi dan Pengawasan M.Yusuf Ateh mengatakan, Sakip itu merupakan poko dari menejemen kinerja pemerintah di sektor publik. Oleh sebab itu, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus dapat diselaraskan dengan program kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap OPD.

” Penilaian Sakip adalah hasil dari program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Untuk itu setiap program harus memikirkan dampak bagi masyarakat,” ucap Yusuf Ateh.

Menurut Yusuf Ateh, tolak ukur dari penilaian Sakip dimulai dari Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan, dan Pelaporan. Jika itu dilakukan dengan proses yang optimal, tentu Sakip penilaian Sakip akan lebih baik.

” Makadari itu setiap kegiatan yang dilaksanakan harus punya nilai. Dan uang yang kita anggarkan untuk kegiatan mempunyai nilai keberhasilan dalam pembangunan, sehingga tidak siasia,” ungkapnya.

Hadir dalam acara ini Assisten Pemerintahan Ida Novaida, Assisten Ekbang Girgijantoro, Inspektur Inspektorat Iskandar, Kepala Bappeda Kurnia Satriawan, Kepala BPKD Ramadani, Kadisduk Tubagus Saprudin, Kadis DPMPD Tofik Hidayat, Kadispora .M Amri, Kadis Perindag dan ESDM Tatang Effendi, Kadis PUPR Anwari Husnira, Kadis Perumahan Permukiman dan Pertanahan Sarif Hidayat, Kadis Pertanian Wowon Dirman, Kadinsos E.Sutisna, Kadisnaker Sukran, Kadiskoperasi Cecep Juanda, BPMPTSP Dadan Tafif Danial, Bayanjak Utuy Setiadi, dan Kadisdik Salman Sunardi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here