Pentingnya Pemahaman Tentang Kebijakan BMD Sebagai Antisipasi Disclaimer

0
34

Pandeglang, Badakpos.com- Pj. Sekda Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan, permasalahan pandeglang dulu kenapa disclaimer yaitu masalah aset. Makadari itu kata Fery Hasanudin, pelatihan teknis Barang Milik Daerah (BMD) sangat penting.
Hal itu terungkap saat Fery Hasanudin menjadi narasumber pada Pendidikan dan Pelatihan Teknis Barang Milik Daerah (BMD) tahun 2017, tentang Kebijakan Pengelolaan Barang Daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Pelatihan Sumberdaya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Banten, Selasa (22/8) di Sofyan In Altama.
Sekda berharap, pelaksanaan diklat ini ada multiplayer efek yang didapat untuk diterapkaan pada satuan kerja masing-masing. Sehingga, tidak hanya menggugurkan kewajiban saja.
“Artinya setelah kegiatan dapat menambah ilmu bagi para peserta pelatihan untuk pengelolaan barang milik derah,” ungkapnya.
Fery menambahkan, harus ada kejelasan dalam pengelolaan aset apabila aset yang dimiliki dikelola oleh pihak lain. Hal ini, dapat menjadi masalah apa bila tidak jelas dalam pengelolaan nya.
“Jika Aset yang dimiliki OPD dikelola oleh kecamatan, harus ada berita acara pinjam pakai. Dokumen tersebut harus ada di bidang aset, Opd pemilik, dan kecamatan yang memakai nya. Dengan begitu aset dapat tertata rapi,” jelasnya.
Sementara itu, dalam acara yang sama, Kaban BPSDMD Prov Banten Endrawati mengatakan, dasar hukum dari kegiatan ini adalah Permendagri No. 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan BMD. Kata dia, tujuan dari pelatihan ini para peserta dapat memahi regulasi yang ada untuk pengelolaan BMD.
“Peserta seluruhnya dari Kabupaten Pandeglang sebanyak empat puluh (40) orang dari kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dan acara ini dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 21-25 Agustus 2017, ” ucapnya. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here