Penuhi Ketersediaan Stock di PMI, 500 Personil Polda Banten Donor Darah.

0
1

Serang – Badakpos.com – Belum mereda nya Wabah virus corona (Covid-19) yang sedang terjadi saat ini, berimbas pada ketersediaan atau stok darah dalam kebutuhan pelayanan pasien di sejumlah rumah sakit daerah di indonesia, termasuk provinsi Banten.

Kapolda Banten Dalam Menyikapi kondisi tersebut, telah menggerakkan seluruh satuan kerja dan satuan wilayah untuk melakukan aksi sosial berupa donor darah. Hari ini sebanyak 500 personil Kepolisian Daerah (Polda) Banten, dari Satuan kerja di polda Banten, Satuan Brimob, Sekolah polisi Negara, Direktorat Polairud melakukan aksi donor darah untuk memenuhi keterbasan stok darah di PMI yang dilakukan di Aula Mapolda Banten dan beberapa gedung lainnya, pada Senin (13/04/2020) pukul 08.00 wib.

Kapolda Banten Irjen Pol Agung Sabar melalui Kabiddokkes Polda Banten Kombes Pol dr. Nariyana menjelaskan bahwa kondisi ini terjadi sejak Corona mewabah, kebutuhan darah untuk pasien meningkat, sementara jumlah pendonor cenderung berkurang karena kebijakan physical distancing. Sehingga, Palang Merah Indonesia (PMI) termasuk di Banten kesulitan memenuhi kebutuhan darah.

“Kegiatan aksi donor darah yang dilakukan oleh lima ratusan personil Polda Banten dan satuan kerja lain nya ini untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI, dalam melayani pasien” terang Nariyana.

Nariyana juga mengatakan bahwa aksi donor darah ini juga sebagai tindak lanjut perintah Kapolri yang tertuang dalam surat No.Pol.: ST/1127/IV/KEP/2020 tanggal 7 April 2020 tentang Himbauan donor darah bagi seluruh personil Polri, dengan bertemakan tema “Setetes Darah Anda Bukti Cinta Kepada Sesama”.

Ditemui di lokasi usai melakukan donor darah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi juga menjelaskan, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh personil Polda Banten sesuai intruksi Kapolri, walaupun demikian kita tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Yaitu mencuci tangan sebelum masuk gedung, menjaga jarak berinteraksi antar peserta donor, gunakan masker.

Seperti sebelum masuk ruangan peserta donor darah mencuci tangan di air mengalir dengan mengunakan sabun antiseptik, pemeriksaan suhu badan, serta menjaga jarak anggota yang akan mendonorkan darahnya. “Kegiatan juga dilakukan tidak dengan berkerumun, serta mengatur waktu masuk ke ruangan donor secara bergiliran, Polda Banten tergerak dan peduli secara sukarela mendonorkan darahnya untuk disumbangkan kepada masyarakat banten yg membutuhkan bantuan darah”, ungkap Edy Sumardi.

Edy Sumardi Mengucapkan terima kasih kepada Para Pejabat Utama Polda Banten, Personil Samapta, Sat brimob, Dit Reskrim, lantas, Ditpolairud serta seluruh personil staf mapolda yang telah ikut menyumbangkan darahnya termasuk teman teman awak media yang sambil meliput kegiatan sosial, ternyata ada juga yang ikut donor, alhamdulillah ya allah.

Tampak hadir dalam kegiatan donor darah ini para PJU Polda Banten, personil Polda Banten dari berbagai satker, dan rekan-rekan media. (BP1).

Komentar dibawah ini