Peringatan Harganas XXIV Dipusatkan Di Kampung Kaduseeng

0
9

Pandeglang, Badakpos.com – Peringatan Hari Keluarga Nasoinal (Harganas) XXIV tingkat Kabupaten Pandeglang dipusatkan di Kampung Kadiseeng, Desa Talagasari, dan Kecamatan Saketi, Selasa (26/9).

Beberapa kegiatan dilakukan dalam acara ini diantaranya Bakti Sosial Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB), dan Launching PPKS (Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera). Dalam kegiatan ini juga sekaligus memperingati hari kontrasepsi sedunia.

Staf Ahli Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Abdul Ghaffar Alhatiri yang mewakili Bupati Pandeglang mengatakan, pelaksanaan peringatan Harganas tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tahun ini kata dia, dilaksanakan di Kampung KB Desa Talagasari, Kecamatan Saketi. “Mengapa Kampung KB ?, karena kamping ini merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan pelayanan program kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada masyarakat,” katanya

Menurut Ghaffar, kampong KB harus dapat diimplementasikan sebagai salah satu kegiatan inovatif di lini lapangan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat. Hal ini dapat terwujud adanya intervensi dari berbagai kegiatan lintas sector lain misalnya kesehatan, pendidikan, pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan, dan perikanan, pekerjaan umum dan perumahan rakyat. “Saya harap momentum ini dapat menjadikan keluarga dan masyarakat untuk lebih memberikan perhatian terhadap peran dan fungsi masing – masing anggota keluarga, baik sebagai ayah, ibu maupun sebagai anak,” tambahnya

Sementara Asda Satu Bidang Kesra Provinsi Banten Anwar Mas’ud mengatakan, peringatan harganas bertujuan meningkatkan peran serta pemerintah daerah, dan penerapan 8 fungsi keluarga serta pembentukan karakter sejak dini untuk menciptakan keluarga kecil bahagia. “Delapan fungsi itu adalah fungsi agama, fungsi sosial, fungsi budaya, cinta kasih, perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan. Delapan fungsi ini akan membantu keluarga dalam membentuk individu keluarga yang berkualitas,” ungkapnya.

Anwar Mas’ud menekankan, Pesan inti dari acara harganas yaitu keluarga berketahanan dan indonesia menjadi mandiri. Oleh sebab itu kata dia, peringatan ini didorong oleh empat pendekatan keluarga yaitu  keluarga berkumpul meluangkan waktu tanpa gangguan selama 20 menit sehari, keluarga berinteraksi bertukar pengalaman dan interaksi yang berkualitas, keluarga berdaya, sehingga dapat melakukan pengasuhan lebih baik dan keluarga perduli dan berbagi.

Terkait Launching PPKS (Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera), Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Kb & Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (P2KBP3A) Dewi mengatakan, temapat tersebut sebagai wadah untuk konseling masalah baik remaja, balita, dan pengembangan usaha. Selain itu kata dia, tujuannya untuk memberikan pemahaman kepada orang tua bagaimana memberikan pemahaman pola asuh yang baik kepada anak.

Hadir dalam acara ini Kepala BKKBN Provinsi Banten Aan Jumhana. M, Asda Ekbang Kabupaten Pandeglang Indah Dinarsiani, Kepala Dinas Kesehatan Didi Mulyadi, Ketua MUI Kabupaten K.H TB Hamdi Ma’ani, dan Camat Saketi Saepudin. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here