Perjalan Panjang Dibalik Kesuksesan Ujang Sumawinata Menjadi Dirut PDAM

Pandeglang, badakpos.com – Ujang Sumawina saat ini merupakan orang nomor satu di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pandeglang. PDAM boleh terbilang salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang terbilang sukses.

Kendati demikian, capaian saat ini yang diraih oleh Ujang Sumawinata bukan merupakan hal yang mudah, dia (Ujang Sumawinata) mendapatkan jabatan ini melalui proses yang cukup panjang.

Melihat dari perjalanan kariernya Direktur Utama PDAM tirta berkah pernah menduduki jabatan terendah hingga menjadi staf pada perusahaan daerah tersebut.

Pada tahun 1982 PDAM bernama Unit Pengelolaan Air Minum (UPAM) yang kantornya diwilayah Kecamatan Labuan. Setelah enam bulan, berganti nama Badan Pengelola Air Minum (BPAM). “Saya pada saat itu bekerja sebagai staf,” kata Ujang kepada badakpos.com, Senin (25/2).

Setelah itu, Ujang Sumawinata diangkat menjadi Kepala Seksi Pembukuan pada tahun 1991 selama kurang lebih 7,5 tahun. Selanjutnya, ia promosi menjadi Kepala Bagian Keuangan hingga tahun 1997. Pada tahun 1997 hingga tahun 2001, Ujang dirotasi menjadi Kepala Bagian Pembina Langganan. Sebelum menjadi Dirut, ia dirotasi kembali menjadi Kabag Keuangan hingga tahun 2016.”Pas tahun pertama Bupati Irna menjabat, alhamdulillah saya pada tahun 2016 diangkat menjadi Dirut PDAM hingga saat ini, “terangnya.

Hampir 37 tahun mengabdi, bahkan melebihi ulang tahun dari diresmikan nya PDAM yang ke-31, banyak keluh kesah dan pengalaman yang dialami Ujang Sumawinata.” Banyak kesan yang saya alami, dari gaji ngutang, penyuluhan ke masyarakat, hingga memperbaiki jaringan bocor pada malam hari,” tuturnya.

Di usia yang ke 31, PDAM banyak sekali meraih prestasi selain dari target capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang selalu terlampaui. “Kami sudah meraih laporan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tujuh kali berturut – turut dan juara pertama pada komunikasi terbuka,” jelasnya.

“Semoga kedepan PDAM akab lebih maju dan terus berkembang, dan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen, “tutupnya. (Bp-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *