Perkuat Sinergitas Pengawasan Obat & Makanan, BBPOM & Ikatan Apoteker Indonesia Banten Teken Kesepahaman

0
27

Serang, Badakpos.com – Perkuat sinergitas pengawasan obat dan makanan, Balai besar pengawasan obat dan makanan (BBPOM) Serang lakukan teken perjanjian kerja sama Kesepahaman dengan pengurus daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Provinis Banten, Rabu (13/10).

Kegiatan dilaksanakan di Aula hotel horison ultima ratu Kabupaten Serang, yang dihadiri oleh peserta dari berbagai sektor, diantaranya ikatan Apoteker, Tim penggerak PKK, Karang Taruna di tingkat kecamatan/kelurahan, para mahasiswa, gerakan Pramuka dan generasi milenial lainya.

Kepala BBPOM Serang, Trikoranti Mustikawati menyampaikan dalam sambutanya, pengawasan obat dan makanan yang efektif hanya dapat terwujud dengan kerjasama dan sinergitas semua pihak. Selain pengawasan yang dilakukan pemerintah, Kesadaran produsen untuk tetap memproduksi produk yang berkhasiat, aman dan bermutu sesuai persyaratan dan pedoman yang ditetapkan pemerintah juga sangat penting.

Selain itu, Kata Trikoranti, masyarakat sebagai konsumen juga harus cerdas dalam memilih produk yang aman dan bermutu.

“Salah satu jalan untuk memperluas jangkauan mencerdaskan masyarakat di Banten, terutama memperkuat sinergitas pengawasan obat dan makanan, BBPOM Serang bersama PD IAI Banten sepakat untuk membuat kesepakatan bersama dalam rangka penguatan pengawasan obat dan makanan melalui dukungan keprofesian Apoteker”, Ujarnya.

Dengan dilakukannya penandatanganan Kesepakatan Bersama ini kata Trikoranti, berharap dapat meningkatkan komiten bersama dalam efektivitas pengawasan obat dan makanan dengan memanfaatkan sumber daya, sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan.

Ditempat yang sama, Ketua PD IAI Banten, Ahmad Sofan menjelaskan, bahwa PD IAI sangat mendukung atas penandatanganan kesepahaman antara BBPOM dan PD IAI Banten.

“Pengawasan obat dan makanan melalui dukungan keprofesian apoteker sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”, jelasnya.

Intinya kata Ahmad Sofan, kegiatan ini (penandatangan kesepahaman-red) akan memperkuat implementasi pengawasan obat dan makanan untuk menjaga kemanana obat dan makanan untuk masyarakat. “Selanjutnya tinggal dikuatkan dengan peningkatan kompetensi SDM para pihak melalui penyuluhan dan Bimtek,” ungkap Ahmad Sofan.

Kegiatan juga dihari Sekjen Pengurus Pusat IAI apt.Noffendri, Narasumber dari Direktorat Pengawasan Kosmetik, apt.Teguh Adhi Wijaya.

Selain kegiatan perjanjian kerja sama antara BBPOM Serang dengan PD IAI Banten, kegiatan dilanjutkan dengan Pembentukan Agent Of Change Dalam Rangka Peningkatan Efektivitas Pelaporan Efek Samping Kosmetik. Dengan menghadirkan peserta dari berbagai sektor, diantaranya Tim penggerak PKK, Karang Taruna di tingkat kecamatan/kelurahan, para mahasiswa, gerakan Pramuka dan generasi milenial lainya. (Bp1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here