Pery Hasanudin Pastikan ASN Pandeglang Jaga Netralitas Pemilu 2019

Pandeglang, Badakpos.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang menggelar sosialisasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Jum’at (13/4) di Horisson Altama.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang mengakui jika himbauan netralitas untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jauh hari sudah dikeluarkan. Hal ini agar para ASN di Pandeglang tidak melakukan pelanggaran pada pelaksanaan pemilu 2019. “Ibu bupati sudah mengeluarkan surat edaran agar ASN netral, dan secara aturan memang ASN harus netral, adapun untuk hak pilih itu sesuai pilihan hati pribadi,” kata Sekda.

Dengan netralitas para ASN, Sekda meyakini akan mendorong pesta demokrasi menjadi aman, nyaman dan kondusif. “Kami yakin seluruh ASN netral tidak ada interpensi dari pihak manapun,” ujarnya.

Sementara Ketua Bawaslu Pandeglang Ade Mulyadi mengatakan, pelaksanaan pemilu tinggal menghitung hari kurang pebih tinggal beberapa hari lagi, jadi kondusifitas harus terus dijaga untuk wujudkan pemilu yang aman, damai dan sejuk. ” Pada tanggal 14 dan 15 sudah masuk masa tenang, tapi terkadang jadi masa tegang. Saya minta bagi masyarakat yang mau selfi dengan kekuarganya yang menjadi paslon saya harap tahan dulu,” katanya.

Masih kata Ade, pemilu merupakan hajat demokrasi jadi harus sangat menggembirakan, bukan malah menegangkan. Dan dikatakannya, para ASN dilarang untuk berkampanye atau mendukung salah satu dari pasangan calon pemilu.”Uu 5 tahun 2014 tentang ASN, dan PP no.53 tahun 2010 menjelaskan jika ASN itu harus netral tapi pada saat pencoblosan boleh memilih karena punya hak pilih beda halnya dengan TNI dan Polri yang tidak mempunyai hak pilih,” jelasnya.

Lebih lanjut Ade menyampaikan, jika ASN dilarang berkampanye, mempengaruhi warga dengan uang, dengan kekuasaan. Jika ini terjadi, kata Ade tentu sudah masuk kedalam pelanggaran. “Apa sanksi nya, tergantung pelanggaran yang dilakukan. Kami melaksanakan ini dalam rangka pencegahan, selanjutnya pengawasan, jika ada temuan masuk kedalam penindakan,” tutupnya.

Hadir dalam acara ini Kejaksaan Negeri Pandeglang Nina Kartini, Ketua Bawaslu Provinsi Banten Nasrudin.(Bp-3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *