Petani Carita Dapat Bantuan Benih Padi Paritas Unggul

0
12

Pandeglang, Badakpos.com – Kami sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan benih padi dari pihak pemerintah kabupaten Pandeglang, hal tersebut disampaikan Murtajaya ketua gabungan kelompok tani (gapoktan) pelopor jaya desa sukarame kecamatan Carita kepada Badakpos.com pada selasa (8/9/2020).

Dilanjutkan Murtajaya, kebiasaan para petani di wilayah kecamatan Carita, biasanya menanam benih padi varietas ciherang, tetapi dengan adanya bantuan benih padi varietas inpari 42 yang lebih unggul kami sebagai Petani sangat bersyukur.

Masih dikatakan Murtajaya, karena informasi yang ia terima dari teman sesama petani, bahwa inpari 42 banyak ke unggulannya dari pada padi varietas lain, “diantaranya umur masa tanam lebih singkat atau kurang dari seratus hari, tahan akan hama wereng dan walau butiran lebih kecil tetapi bobot lebih berat,” pungkasnya.

Ditemui ditempat yang sama, koordinator penyuluh pertanian(Korluh) kecamatan carita, E Kusmana menuturkan, bahwa untuk permen pertama ada 3(tiga)gapoktan dari tiga desa yang dapat bantuan benih padi varietas inpari 42. “Yaitu petani desa sukarame dengan luas hamparan sekitar 200 hektare bantuan benih padi 5 ton, desa sukanagara luas area 140 hektare bantuan benih 3,5 ton dan desa sindanglaut dengan luas area sekitar 100 hektare dengan bantuan benih padi varietas inpari 42 sekitar 2,5 ton,” terang Korluh pertanian.

Ditambahkan Korluh, untuk penyaluran bantuan benih padi inpari 42 pengiriman ke 2(dua) sekitar 9 ton, yaitu para petani di desa Banjarmasin, desa Sukajadi dan desa Pejamben.

Memang untuk benih padi varietas inpari 42 banyak ke unggulan, tetapi ada sedikit kendala ketika pemanenan jika menggunakan manual atau di gebot(biasa petani menyebut), karena butiran gabah agak susah lepas dari tangkai, maka ia akan meminjam alsintan atau combine untuk memudahkan pekerjaan para petani.

Selain itu, ia banyak berterimakasih kepada pihak pemerintah kabupaten Pandeglang dan dinas pertanian atas bantuan benih padi ini, pungkas korluh pertanian kecamatan Carita. (BP11).

Komentar dibawah ini