Petani Merasa Lega, Dengan Adanya Pembangunan Embung

0
0

Pandeglang, badakpos.com – Salah satu program pemerintah untuk memperingan beban petani akan kebutuhan air adalah pembuatan embung(penampung air), sebab embung bisa dimanfaatkan atau digunakan berbagai fungsi.

Diantaranya untuk penampung air dikala musim penghujan, juga untuk memelihara ikan, bahkan bisa juga dijadikan sebagai wisata air.

Berdasarkan pantauan wartawan Badakpos.com pada Sabtu(13/7), bahwa di blok batu belah desa Sindanglaut kecamatan Carita, kini sedang ada kegiatan pembangunan embung dan sumber dananya dari pihak pemerintah melalui dinas terkait.

Sementara Dafi salah seorang petani sekitar saat ditemui di lokasi mengatakan, bahwa dengan adanya embung ini para petani tidak akan kesusahan lagi akan air walaupun di musim kemarau, pasalnya embung ini berguna menampung air yang mengalir dari mata air yang ada di hulu.

Lanjut Dafi, rencana kedepannya embung ini akan digunakan pula untuk memelihara ikan, jadi dalam per tiga bulan bisa panen ikan nila.

Masih kata Dafi, dengan embung ini banyak fungsinya, untuk pengairan, memelihara ikan dan juga penahan longsoran tanah kiri kanan tebing.

Kusmana koordinator penyuluh pertanian kecamatan Carita saat dihubungi melalui whats App menuturkan, bahwa program ini bagus, yang biasanya petani di blok itu kesusahan air saat musim kemarau, kedepanya semoga tidak lagi, tinggal menggunakan mesin pompa air(alkon) untuk mengalirkan ke lokasi ladang dan kebun.

“Berharap dengan adanya embung itu kesejahteraan petani bertambah”, imbuh Korluh pertanian.(Bp-11)

Komentar dibawah ini