Petani Sawah Tadah Hujan Lakukan Tanam Cepat Dengan Pompa

0
1

Pandeglang, Badakpos.com – Tanda datangnya musim penghujan belum terlihat, sebagian para petani diwilayah blok ponjol – rancalutung Desa Sukalangu Kecamatan Saketi, merupakan sawah yang mengandalkan air hujan atau sawah tadah hujan untuk memulai tanam.

Kini para petani sawah tadah hujan tak sulit lagi untuk bisa cepat tanam, dengan menggunakan pompa air sawah dapat menjadi alternatif solusi bagi para petani bisa cepat tanam.

Mulyantara koordinator penyuluh saat ditemui badakpos.com disela kesibukanya menuturkan, bahwa, alternatif agar cepat tanam bagi para petani sawah tadah hujan saat kemarau seperti ini adalah dengan menggunakan pompa untuk mengairi sawah dan memulai tanam.

“saat ini baru tergarap (terairi) sekitar 90 Hektar dari rencana 200 Hektar, inipun kami dapatkan berkat bantuan pompanisasi dari dinas terkait”, ujar Mulyantara kepada wartawan Badakpos.com dari pertanian pada Senin (2/9).

Masih kata Mulyantara, “rencana pertengahan atau akhir september baru bisa tanam benih padi lagi, semoga mendatang sudah bisa panen”, tuturnya.

Terpisah, salah satu petani sekitar yang enggan disebut namanya mengatakan, bahwa dengan adanya mesin pompa ini sangat membantu sekali buat para petani, karena di blok tersebut dekat dengab sumber air berupa sungai.

Dengan demikian, sawah tadah hujan terselamatkan, sehingga bisa cepat tanam dan dalam setahun bisa 3 (tiga) kali panen, tutupnya.(BP1).

Komentar dibawah ini