Pj. Sekda peran pmi sangat strategis sebagai lembaga sosial

0
6

Pandeglang, Badakpos.com – Pelaksana Jabatan Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) mengatakan, peran Palang Merah Indonesia (PMI) sangat strategis sebagai lembaga sosial dalam kesiap siagaan memberikan bantuan dan penanggulangan bencana.

“Pandeglang merupakan daerah yang rawan bencana, baik banjir maupun bencana alam lainnya. Namun dengan hadirnya PMI dan selalu bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), sangat membantu Pemerintah daerah,” demikian dikatakan Pj. Sekda Fery Hasanudin, saat Musyawarah Kabupaten (Muskab) XII 2017-2022 di Hotel Sopyan ini Alatama, Senin (19/6).

Menurutnya, peranan PMI tidak kalah pentingnya dalam mengantisipasi terkait hal rawan bencana. Sebab kata Fery,  bahwa keberadaan PMI telah menjadi kontributor penghormatan terhadap jiwa dan kehidupan kemanusiaan, sejak kemerdekaan hingga saat ini.

“Kepengurusan PMI saat ini sudah sangat bagus sekali. Mudah – mudahan kepengurusan yang akan datang, tetap dipertahankan dan lebih baik lagi,” jelasnya.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Pandeglang Hj. Tita Rusdinar mengatakan, Dalam melaksanakan tugasnya PMI berlandaskan pada 7 (tujuh) prinsip dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yaitu Kemanusiaan, Kesukarelaan, Kenetralan, Kesamaan, Kemandirian, Kesatuan dan Kesemestaan.

Tita mengatakan, Palang Merah Indonesia (PMI) Juga menyadari pentingnya keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengurangan risiko bencana untuk mengurangi akibat kerentanan terhadap  bencana. Salah satu pendorong utama dari meningkatnya risiko bencana adalah kejadian cuaca yang extrim.

“Untuk itu kami terus melakukan pembinaan, khususnya di sekolah dengan adanya Palang Merah Remaja (PMR), dan melaksanakan Pendidikan dan Latihan Dasar Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang,” jelasnya.

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Kesehatan Indah Dinarsiani, Kadis Sosial E. Sutisna, dan stakeholder terkait lainnya, serta ketua PMI dari tiga lima Kecamatan. (BP3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here