PLKB Saat ini Beralih Status Jadi KKBPK

0
47

Pandeglang, badakpos.com-Saat ini Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Petugas Keluarga Berencana (PKB) Banten mulai tahun 2017 resmi dikelola Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat. Hal ini terungkap pada acara penelaahan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBK) smester I tahun 2017 di hotel ledian Serang, Senin (24/7)
Peralihan status kepegawaian PLKB dari daerah menjadi pegawai pusat KKBPK kata Asda Ekbang Girgi Jantoro, dipandang lebih efisien dalam pelaksanaan program dan pembangunan Keluarga Berencana (KB) di Indonesia
“Dengan ditariknya PLKB menjadi KKBK, pengendalian penduduk akan lebih fokus karena kewenangan anggaran lebih besar dari pusat,” kata Asda Ekbang Girgi Jantoro yang mewakili Bupati Pandeglang menandatangani serah terima data PLKB, Senin (24/7) hotel ledian serang.
Selain itu kata Girgi, dengan adanya kewenangan dipusat akan terjadi keseragaman program anggaran untuk pelaksanaan Program Keluaga Berencana.
“Dengan begitu tidak akan perbedaan dalam pembuatan program anggaran ditiap Kabupaten atau Kota, karena semuanya sudah diatur oleh pusat,” katanya

Sementara itu Deden Kuswan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, KB, dan Pemberdayaan, Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) mengatakan, memang saat ini kewenangan untuk para penyuluh KB ana di BKKBN Pusat. Namun kata dia, untuk pelaksanaan program ada ditiap daerah.

“Jumlah penyuluh KB di Pandeglang kurang lebih sebanyak 47 orang. Dan saat ini yang berubah hanya status kepegawaiannya saja,” kata Deden ditemui usai acara.
Hadir dalam acara ini, Inspektur utama BKKBN Pusat Agus Sutiswo, Aan Jumhana Mulyana wakil BKKBN Banten, Bupati Kabupaten Serang Tatu Hasanah, Wakil Walikota Serang Sulhi Hoir, Ketua Komisi V DPRD Banten Vitron Nur Iksan. (BP3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here