Poktan Barata Tani Bersama POPT Basmi Hama Wereng Batang Coklat

Pandeglang, Badakpos.com – Hampir seluruh petani Pandeglang mengeluhkan adanya wereng batang coklat (WBC) yang telah merusak atau menyerang tanaman padi di sawah, hal ini pula dirasakan para petani yang tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Barata tani desa sukanegara kecamatan carita, berdasarkan informasi yang didapat Badakpos.com.

Ketua Poktan Barata tani, Amri saat ditemui di lokasi mengatakan, bahwa ia sangat berterima kasih atas upaya yang dilakukan pihak terkait dan petugas pengendali organisme pengganggu tanaman (Popt), sehingga hari ini (rabu,9/8/2020) lokasi sawah yang ada di blok pelampungan kampung cilurah diadakan penyemprotan kembali hama Wbc.

Ditambahkan Amri, sebelumnya pada minggu lalu juga dilaksanakan penyemprotan untuk 30 hektare, dan sekarang melakukan penyemprotan racun pembasmi Wbc untuk sisanya, karena area tersebut luasnya sekitar 50 hektare.

Ditempat yang sama, koordinator POPT kabupaten Pandeglang bernama Sunaryo mengatakan, bahwa hari ini telah sepakat dengan para petani di desa sukanagara untuk mengendalikan hama Wbc yang telah menyerang tanaman padi di sawah mereka.
Keberhasilan untuk membasmi Wbc bisa mencapai 90 persen, asalkan pencampuran dosis racun dengan tepat, terang Sunaryo.

Dilanjutkan Koordinator Popt, takarannya untuk 1(saru)liter air dicampur dengan racun Wbc sekitar 3 hingga 4 mili liter, dan untuk satu hektare tanaman padi dibutuhkan 30 liter air yang telah dicampur racun.

Masih dikatakan Sunaryo, selain takaran harus tepat juga penyemprotan harus tepat sasaran, karena Wbc menyerangnya di pangkal batang, serta dalam pengendalian Wbc harus serempak atau bersama -sama, jangan perorangan(individu, red).

Semua ini berkat laporan petugas POPT dilapangan, bahwa di desa sukanegara Wbc populasinya sudah di luar ambang pengendali, dan diperkirakan umur tanaman padi disini sudah mencapai 60 hari, berharap dengan adanya pengendalian wbc para petani bisa mendapatkan hasil panen padi maksimal, pungkas koordinator Popt kabupaten Pandeglang.

Hadir dalam agenda tersebut, para petugas dari BPTP HP pada dinas pertanian provinsi Banten, korluh dan para penyuluh pertanian kecamatan Carita. (BP11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *