Poktan Carita Dapat Bantuan Bibit Manggis Dan Pupuk

0
46

Pandeglang, Badakpos.com – Sebanyak tiga kelompok tani (Poktan) di desa Sindanglaut kecamatan Carita dapat bantuan ribuan bibit manggis dan pupuk organik, pada kegiatan sosialisasi peningkatan produksi buah dan florikultura (kawasan manggis ekstensifikasi), di sekeretariat kelompok tani lebak sari desa Sindanglaut kecamatan Carita, Rabu (4/11/2020).

Hadir dalam sosialisasi kegiatan pemberian bibit manggis tersebut, diantaranya Kadis pertanian kabupaten Pandeglang Budi S Januardi, camat Carita Marda, Kabid Hortikultura pada Dinas pertanian kabupaten Pandeglang Wahyu Widyawati, Koordinator POPT Pandeglang Sunaryo, korluh dan para penyuluh pertanian kecamatan Carita, Babinsa dan para ketua Poktan serta para anggota.

Kadis pertanian kabupaten Pandeglang, Budi S Januardi mengatakan, bahwa agenda hari ini (rabu, 4/11) adalah penyerahan bibit manggis dan pupuk organik.

“Adapun jumlah bibit manggis tersebut sebanyak 5000 batang, yang dibagikan kepada tiga Poktan yang ada di desa Sindanglaut ini, diantaranya Poktan Lebaksari, Poktan Sinar bukit dan Poktan Cipandanjaya,” terang Kadis pertanian.

Dilanjutkan Kadis, bahwa hamparan yang ditanami bibit manggis tersebut sekitar 50 hektare, dengan adanya bantuan ini di harapkan ke depannya bisa meningkatkan produktifas dan pendapatan para petani disini.

Masih dikatakan Budi S Januardi, kabupaten Pandeglang merupakan salah satu kabupaten sentra produksi manggis di provinsi Banten, “populasi manggis tersebar di kecamatan Carita, Bojong, Jiput, Cisata, Cikedal, Cimanggu, Cigeulis, Menes dan Picung,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kepala bidang hortikultura bernama Wahyu Widyawati menuturkan, bahwa pemerintah terus melakukan program kegiatan budi daya manggis untuk provinsi Banten tahun 2020 seluas 50 hektare, Di pusatkan di desa Sindanglaut kecamatan Carita kabupaten Pandeglang, terang Kabid Hortikultura.

Sementara koordinator petugas organisme pengganggu tanaman (POPT) kabupaten Pandeglang, Sunaryo mengatakan, bahwa saat pemupukan tanaman bibit manggis harus sesuai petunjuk yang telah di anjurkan.

“Supaya hasil maksimal, carilah bibit manggis unggul dan ber label, tepat pemupukan, penyiangan rutin , pengairan serta pengendalian, “imbuh Koordinator POPT kabupaten Pandeglang. (BP11).

Komentar dibawah ini