Polres Cianjur Berusaha Berantas Premanisme dan Pungli

0
34

Cianjur, Badakpos.com – Polres Cianjur, Jawa Barat melibatkan seluruh jajaran polsek untuk memberantas premanisme dan aksi pungutan liar, termasuk aksi “Pak Ogah” yang kerap beraksi di perempatan jalan nasional di wilayah Cianjur.

Kapolsek Sukaluyu, AKP Anaga Budiharsono mengatakan penyisiran difokuskan di dua lokasi pertigaan tungturunan dan pertigaan patung kuda kosong yang merupakan jalur alternatif Cianjur-Jonggol. (21/6).

“Selama ini, banyak pengendara mengaku di mintai uang preman yang ada di setiap pertigaan yang akrab di sebut Pak Ogah. Setiap melewati persimpangan jalan, pengendara harus membayar RP2 ribu sampai RP5 ribu,” Ujar Budiharsono.

Meski tidak mematok besaran uangnya, Aksi “Pak Ogah” kerap melontarkan kata-kata kasar dan ancaman, ketika tidak di beri uang. Sebagian besar beroperasi pada malam hari, dimana angkutan besar seperti truk dan tronton mulai melintas.

“Ini jelas meresahkan pengendara karena tidak semua pengendaran membawa uang. Kami akan melakukan penyisiran sebagai bentuk menjalankan instruksi Kapolri guna memberantas premanisme dan pungli, demi keamanan dan kenyamanan pengendara,” katanya.

Pantauan Antara di sepanjang jalur nasional Bandung-Cianjur, terdapat pertigaan dan perempatan yang ramai menjelang malam hari karena kendaraan berat jenis truk, tronton baru diperbolehkan melintas.

“Kalau satu malam, saat melintas di jalur Cianjur-Jonggol, paling tidak kami harus menyiapkan uang sampai 50 ribu, untuk preman yang ber pura-pura
menjadi Pak Ogah. Cukup meresahkan ini sudah terjadi sejak lama,” Ujar Rudi.  (BPMG).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here