Polres Kota Tanggerang di Bangun Dengan Konsep Smart Building

0
17

Tanggerang, Badakpos.com –  Kepolisian Resort Kota Tanggerang akan dibangun menggunakan konsep Smart Building. Hal ini dilakukan agar mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Hal ini terungkap pada acara Groundbreaking Polres Kota Tanggerang di Polres di Jl. Abdul Hamid Tigaraksa, Rabu (7/2). Groundbreaking ini akan dilakukan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian.

 

Bupati Kota Tanggerang Ahmad Jaki mengatakan, pengembangan Polres ini sudah direncanakan dari tahun 2012. Akhirnya hibah untuk bangunan Polres ini terealisasi tahun 2018 sebesar 60 miliar. “Pembangunan Polres ini sangat tepat sekali karena di Kota Tanggerang ada 29 kecamatan 274 desa, dan 3,5 juta penduduk. Karena wilayah yang luas dan penduduk yang padat, kami merekomendasikan untuk membuat Polres Kota ini,” kata Jaki
Dirinya percaya, Polri merupakan institusi yang dapat mengayomi dan melindungi masyarajat. “Untuk iti kita mendukung Pemerintah dan masyarakat Tanggerah khususnya mendukung kepemimpinan Bapak Tito,” ucapnya.

 

Kapolda Banten Brigjen Pol Listio Sigit Prabowo mengatakan, pengembangan Smart Building ini menjadi salah satu progran dari Polri yang terus dikembangkan untuk menunjang kemudahan pelayanan kepada masyarakat. “Kami ucapkan terimakasih Bapak Kapolri dapat hadir, ini menjadi suport bagi kami untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyrakat,” katanya.

 

Menurutnya, soliditas antar Polri, TNI, dan masyadakat sangat bagus sekali. Kata dia, hibah yang diberikan ini salah satu dukungan dari pemerintah untuk kepolisian yaitu sebesar 60 miliar untuk pembangunan Polres. “Di banten ini baik Provinsi maupun Kabupaten sangat mendukung sekali program kami,” ucapnya.

 

Sigit menjelaskan, untuk pembanguban Polres Kota Tanggerang ini akan dibuat konsep Smart Building, yaitu sistem pengoprasian nya dengan mengembangkan teknologi. “Kami harap polres ini dapat memberikan pelayanan terbaik, dan ini konsep polres pertama di indonesia dengan Smart Building,” tambahnya.

 

Bangunan Polres ini akan dipasang sistem pengawasan satuan unit, sentra pelayanan terpadu, masyarakat dapat mengakses tujuh aplikasi yang ada. Lantai 2 perugas Reserse Kriminal siap melayani, untuk Comand Center terletak dilantai 3, lantai 4 aula. Untuk aplikasi yang digunakan Banten Bersatu, Patko Sabhara, M-Lantas, e-Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu Terintegrasi Polisi, Bawaslu, dan Kejaksaan monitoring Pilkada) , e-EJS+ (Kepolisian, Kejaksaan, dan Lapas) , dan e-MADD (Monitoring ADD). “Kami akan terus mengembangkan teknologi yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

 

Dalam arahannya Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian sebelum pelaksanaan Groundbreaking mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih atas hibah dari Kota Tanggerang untuk pembangunan Polres Kota Tanggerang sebesar 60 miliar. Kata dia, ini dapat ditiru oleh daerah lainnya yang ada di Indonesia. “Ini wujud dari soliditas yang tinggi antara aparat Pemerintah dan Penegak Hukum, apalagi katanya bangunan ini akan dibuat konsep Smart Building,” katanya.
Jenderal Tito juga menyampaikan, konsep ini baru pertama dilakukan diseluruh indonesia. Oleh sebab itu dirinya berharap, konsep ini dapat ditularkan ke daerah lainnya yang ada di Indonesia. ” Saya minta kepada Kapolda Banten, untuk dapat mengirimkan konsep ini, saya akan bagikan ke semua Polda di indonesia. Dengan adanya elektronik monitoring, Dana Desa akan lebih transparant,” pungkasnya

 

Hadir dalam acara ini, Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian, Ketua Majlus Ulama Indonesia Ma’ruf Amin, Komandan Korem 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Ito Herdiato, Kapolda Banten Brigjenpol Sigit Listio Wibowo, dan Para Kapolres dan Dandim di Provinsi Banten. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here