Praktisi Media: Yansen Tinal Layak Jadi Wagub Papua

0
15
Politisi Partai Golkar Papua yang diusulkan untuk menjadi Wakil Gubernur Papua, Fernando A Yansen Tinal (kiri) dan Praktisi Media Aat Surya Safaat (kanan). (Foto: Isimewa)

Serang, Badakpos.com – Praktisi media Aat Surya Safaat menilai, kader Golkar Papua Fernando A Yansen Tinal layak untuk menduduki jabatan sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Papua, menggantikan posisi almarhum Klemen Tinal, Wagub Papua periode 2018-2023 yang meninggal dunia beberapa bulan lalu.

“Yansen Tinal adalah kader Golkar yang memenuhi syarat menjadi Wagub pada sisa masa jabatan yang ditinggalkan almarhum Klemen Tinal, dan sepanjang yang saya ketahui dari pemberitaan, politisi Papua itu memiliki rekam jejak yang bagus, baik di internal Golkar Papua maupun di Dewan Perwakilan Rakyat Papua,” katanya di Serang, Banten, Sabtu (20/11/2021).

Praktisi media yang juga konsultan komunikasi itu mengemukakan keterangan tersebut ketika ditanya wartawan sehubungan viralnya aspirasi tokoh masyarakat di Tanah Papua yang meminta agar DPP Partai Golkar segera merekomendasikan kader Golkar Yansen Tinal untuk menduduki jabatan sebaga Wagub Papua, menggantikan posisi almarhum Klemen Tinal.

Yansen Tinal sendiri saat ini mendapat amanah sebagai Ketua Harian DPD I Partai Golkar Provinsi Papua, Ketua Fraksi Partai Golkar Dewan Perwakilan Rakyat Papua, dan Ketua Komisi I bidang Pemerintahan Umum Dewan Perwakilan Rakyat Papua. Selain itu Fernando adalah adik kandung almarhum Klemen Tinal yang merupakan Ketua Umum Partai Golkar Papua.

Aat lebih lanjut menyatakan sependapat dengan pernyataan keluarga besar almarhum Klemen Tinal yang meminta kepada pimpinan Partai Golkar untuk segera membatalkan rekomendasi DPP Partai Golkar yang mengusulkan calon Wagub Papua atas nama Paulus Waterpauw dan John Tabo.

Alasannya, Paulus Waterpauw telah dilantik menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan John Tabo telah dilantik sebagai Bupati Memberamo Raya.

Selain itu, sesuai komitmen awal Koalisi Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Lukmen) Jilid I dan Jilid II, Partai Golkar harus tetap mengedepankan komitmen sebagai partai pendukung dan mendukung almarhum Klemen Tinal sebagai Wagub Papua, sehingga sisa masa jabatan yang ditinggalkannya sudah sepantasnya dilanjutkan oleh kader Golkar Yansen Tinal.

“Jelas bahwa Yansen Tinal adalah murni kader Golkar di Papua yang layak menjadi Wagub mendampingi Gubernur Lukas Enembe,” kata Aat, Wartawan Senior kelahiran Pandeglang Banten yang sejak beberapa waktu terakhir mendapat amanah sebagai Ketua Bidang Luar Negeri Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Penasehat Forum Akademisi Indonesia (FAI) itu

Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA 2016 dan Kepala Biro ANTARA New York 1993-1998 itu juga menyatakan keyakinannya bahwa sebagai partai kader, Golkar akan bersikap obyektif dengan memperhatikan aspirasi yang berkembang di tanah Papua.

Sehari sebelumnya, yaitu pada 19 November 2021 keluarga besar almarhum Klemen Tinal mendatangi Kantor DPD Partai Golkar Papua di Kota Jayapura untuk menyampaikan sikap agar Yansen Tinal didorong untuk direkomendasikan DPP Partai Golkar menjadi Wagub Papua. (BP1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here