Presiden Jokowi Ultimatum Menteri Agraria

0
9

Serang, Badakpos.com – Alasan Presiden Joko Widodo menggalakan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pembuatan sertipikat gratis adalah banyaknya keluhan masyarakat terkait sengketa lahan. Oleh sebab itu dirinya meminta kepada Menteri Agraria Sofian Jalil untuk menyelesaikan tanah yang belum bersertipikat. “Jika tidak selesai, pilihan nya hanya dua diganti atau di copot,” Ucap orang nomor satu di Indonesi Joko Widodo saat memberikan sertipikat gratis, Rabu (14/03/2018) di Alun – alun Serang.

 

Menurut Jokowi, kurang lebih 126 juta bidang tanah di Indonesia yang belum bersertipikasi. Saat ini kata dia, baru 51 juta yang terselesaikan tahun kemarin. “Saya perintahkan kepada BPN tahun 2023 semua bidang tanah di Banten harus bersertipikat,” ungkapnya.

 

Jokowi menambahkan, sengketa tanah itu bisa terjadi kapan saja, baik masyarakat, pemerintah dan lainnya. Dirinya meyakini, hanya sertipikatlah yang dapat memiliki kekuatan hukum untuk menjadi solusinya. “Jika ada yang menggugat tanah kita, apabila bersertipikat kan enak. Saya tidak ingin masyarakat terus ngeluh, makanya sertipikat harus selesai,” tandasnya.

 

Jokowi juga berpesan, apabila sudah mendapatkan sertipikat harus dijaga karena ini sangat berharga. Menurut Jokowi, ni (Sertipikat), dapat dijadikan sebagai modal untuk usaha. “Sertipikat ini bisa diagunkan ke bank, tapi harus dipikirkan matang karena harus membayar pokok dan bunga. Jangan sampai pinjam enak bayarnya susah, malah sertipikatnya disita sama tanahya,” pungkasnya.

 

Sementara itu Menteri Agraria Sofian Jalil mengatakan, di Provinsi Banten kurang lebih ada 400 ribu sertipikat tanah untuk tahun ini yang akan diberikan. “Saat ini secara simbolis yang akan dibagikan yaitu Pandeglang 500 bidang, Lebak 500 bidang, Kota Serang 1000 bidang, Kabupaten Serang 1000 bidang, Kabupaten Tanggerang 1000 bidang, Kota Tanggerang 1000 bidang, dan Kota Cilegon 200 bidang,” katanya.

 

Sementara, Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, program yang dikuncurkan oleh Presiden ini sangat tepat. Kata dia, ditengah keluhan masyarakat akan sulitnya membuat sertipikat, presidrn memberikab geratis. “Sangat banyak terjadi koflik yang terjadi karena tidak ada bukti kepemilikan. Dengan adanya program ini sangat membantu sekali buat masyarakat Banten,” katanya.(Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here