PTSL Berikan Kepastian Hukum Bagi Masyarakat

0
15

Pandeglang, Badakpos.com – Kabupaten Pandeglang tahun 2018 mendapatkan kurang lebih 50 ribu bidang tanah Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Jumlah ini lebih besar dari tahun kemarin sebanyak 40 ribu bidang tanah. “Program PTSL sangat membantu masyarakat, karna menyangkut kepastian hukum baik letak, luas dan kepemilikan tanah bagi masyarakat,” ungkap Bupati pada saat Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Rabu (1/2/2018).

 

Menurutnya, apa yang menjadi hak dan kewajiban bagi masyarakat terkait program PTSL sebaiknya disampaikan dengan gamblang. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalah pahaman. ” Walaupun ini gratis, jika memang ada administrasi yang dibebankan seperti biaya Materai, sebaiknya dijelaskan, sehingga tidak terjadi diskomunikasi. Dan tidak terjadi pemanfaatan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dengan melakukan pungli,” tandasnya.

 

Masih kata Irna, dirinya sanggat menyambut baik program PTSL ini. Pasalnya, kata Irna, masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki sertifikat untuk kepemilikan tanah. “mudah – mudahan ini dapat berjalan lancar. Oleh sebab itu penyuluhan terus dilakukan mulai dari tingkat kecamatan, desa bahkan RT/RW terkait berkas apa yang harus dilengkapi,” ujarnya.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pandeglang Dede Surahman mengatakan, dengan adanya program ini dapat mencegah terjadinya sengketa dan konflik pertanahan. “Seluruhnya akan didata untuk mendukung pembangunan di daerah, dan mendorong peningkatan ekonomi rakyat yang ada di pandeglang khususnya,” katanya

 

Masih kata Surahman, untuk tahun 2018 memang ada penambahan kuota untuk Kabupaten Pandeglang dari 40 ribu bidang tanah tahun 2017, menjadi 50 ribu bidang tanah untuk 2018. ” PTSL tahun 2018 akan dilaksanakan 37 desa, dan 10 Kecamatan yang ada di Pandeglang yaitu Kecamatan Cimanuk, Karangtanjung, Koroncong, Banjar Cikedal, Cisata, Sindangresmi, Patia, Panimbang, dan Jiput,” jelasnya.

 

Hadir dalam acara ini Kepala Kejaksaaan Pandeglang Nina Kartini, Perwakilan Polres Pandeglang, Kodim 0601, Para Camat, dan Kepala Desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here