Puluhan Pengungsi Datangi Posko Kesehatan Tiap Hari

Pandeglang, Badakpos.com – Warga yang tinggal di pesisir pantai saat ini masih bertahan di tempat pengungsian, pasalnya selain takut akan terjadi tsunami susulan juga banyak yang rumahnya rusak berat.

Para pengungsi warga Kecamatan Labuan, Carita hingga dari Desa Bulakan kecamatan Cinangka, kabupaten Serang kini mereka berada di posko Kecamatan Jiput . Ini berdasarkan pantauan badakpos.com Jumat(28/12/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun badakpos.com, saat ini warga pengungsi memang beberapa sudah ada yang meninggalkan posko untuk pulang, sedangkan lansia dan anak-anak serta kaum ibu masih bertahan, karena mereka ingin memastikan benar-benar aman.

Dan sejak minggu(23/12) sampai hari ini banyak dari mereka (pengungsi-red) yang mengeluh akan kesehatan, terutama gangguan Inspeksi Saluran Pernapasan (Ispa) dan hipertensi. Hal ini dikatakan Didin salah satu petugas Puskesmas Jiput.

Lanjut Didin, tiap harinya warga masyarakat(pengungsi, red) datang ke posko kesehatan tidak kurang dari 70 orang, kebanyakan kaum ibu, lansia dan anak-anak.

Masih kata Didin, bahkan ada dua orang pengungsi dari warga kampung Tancang Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang yang kebetulan mengungsi ke Desa Sukamanah kecamatan Jiput, datang ke posko kesehatan untuk berobat.”mereka bernama Karna(70) dan Hisam(60), setelah dilakukan penanganan awal akhirnya di rujuk ke PKM Jiput, pasalnya di sini peralatan tidak lengkap”, terang Didin.

Ditemui dilokasi, Karna warga Desa Bulakan kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang menuturkan, bahwa saat terjadi Tsunami pada Sabtu malam (22/12) dia terseret ombak hingga puluhan meter, “Selain tempat tinggalnya rusak juga tubuh tidak luput dari luka dari kaki, tangan dan badan,” tututurnya.

Hal lain dikatakan Hisam(60), bahwa dia sampai hari ini merasakan sakit di telinga pasca diterjang ombak, “Memang sudah ditangani oleh petugas posko kesehatan, dan disarankan untuk ke PKM Jiput untuk penanganan lebih lanjut,” imbuhnya.

Sekedar menambah informasi, hati-hati bagi pengguna jalan, baik itu pengendara motor atau mobil, karena tadi siang sekitar jam 10.30 Wib angin kencang menerpa wilayah Labuan dan sekitarnya. (Bp11/Bp3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *