Puskesmas Carita Gelar Lokmin Triwulan Dengan Lintas Sektoral

0
0

Pandeglang, Badakpos.com – Puskesmas Carita melaksanakan agenda lokakarya mini triwulan bertempat di aula rabu (24/6), dengan memperhatikan protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah di masa pandemi covid-19.

Hadir dalam acara itu adalah camat Carita, Kapolsek carita, beberapa kepala desa, Korluh KB, para kader pos yandu, BPD, ketua MUI kecamatan dan undangan lainnya.

Camat Carita, Marda dalam sambutan mengatakan, bahwa kita belum tahu kapan corona akan berakhir, maka ia menekankan kepada para Kades untuk tidak bosan mengingatkan ke warga untuk selalu menggunakan masker saat ke luar rumah dan tidak lupa cuci tangan setelah melakukan kegiatan atau aktivitas.

Hal yang sama dikatakan Kapolsek carita IPTU Pipih Iwan, bahwa dalam menghadapi new normal atau tatanan kehidupan baru para warga harus patut pada aturan new normal, selalu gunakan masker saat beraktivitas ke luar rumah, juga kepada Kades dan kader pos yandu jangan bosan untuk menegur warga atau tetangga dengan sopan jika saat melakukan bepergian tanpa memakai masker.

Sementara kepala Puskesmas Carita, Tien Sulaisiah saat ditemui usai acara mengatakan, bahwa tujuan dari Lokmin triwulan ini untuk mendapatkan dukungan atau partisipasi, terutama dalam bidang kesehatan, sehingga program yang ada di Puskesmas, khususnya program SPM selalu dapat dukungan dari lintas sektoral.

“Termasuk disitu ada kepala desa, kader, tokoh masyarakat, ketua MUI dan terutama camat sebagai yang punya wilayah,” ditambahkan Kapus Carita.

Masih dikatakan Kapus, terkait dengan menghadapi new normal atau tatanan kehidupan baru, pihaknya meminta ke para pengelola wisata pantai atau rumah makan untuk mentaati protokol kesehatan, seperti menjaga jarak bagi pengunjung, sediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer, gunakan masker dan sediakan alat pengukur suhu tubuh.

Dilanjutkan Kapus, juga kepada para tamu undangan yang hadir, terutama para kader dan bidan desa untuk selalu mengingatkan ke warga dalam berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), juga terkait dengan adanya kasus peningkatan DBD di beberapa desa, “maka dari itu kami memgingatkan masyarakat harus agar menguras, menutup, membersihkan bak penyimpanan air dan menimbun barang bekas juga pakai lotion atau 4 M plus,” ungkap kapus Carita.

Dan terkait kunjungan pasien yang akan berobat ke puskesmas, pihaknya telah menyediakan wastafel atau tempat cuci tangan di setiap ruangan, cek suhu tubuh bagi para pasien serta menjaga jarak atau tidak berkerumun juga pakai masker, “selain itu pihak Puskesmas telah menyediakan klinik ISPA dewasa dan ruangan klinik ISPA bayi balita, ini beberapa alur yang telah dilaksanakan pihak puskesmas dalam menghadapi new normal,” tutup Kapus. (BP11).

Komentar dibawah ini