Puskesmas Jiput Gelar MMD Di Desa Sukacai, Beberapa Poin Terungkap

0
24

Pandeglang, Badakpos.com – Pada saat puskesmas Jiput laksanakan musyawarah masyarakat desa (MMD), di desa Sukacai kecamatan Jiput kabupaten Pandeglang. Ada beberapa poin yang terungkap. Hal tersebut disampaikan salah seorang perwakilan pihak puskesmas Yuyun Yuningsih pada jumat (27/11/2020).

Bahwa berdasarkan hasil MMD pada januari 2020 kata Yuyun, ada beberapa poin yang jadi catatan, diantaranya : belum lengkapnya tersedia gedung pos yandu, masih kurang sarana pembuangan air limbah (SPAL), belum merata sarana air bersih (SAB), masih banyak warga yang merokok di dalam rumah, ibu hamil belum memiliki tabungan ibu hamil (Tabulin) dan kekurangan pos Bindu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun badakpos.com, bahwa dalam agenda tersebut hadir para nara sumber dari puskesmas Jiput, diantaranya Yuyun Yuningsih, Didin Hasanudin dan bidan desa setempat bernama Risma Damayanti.

Hadir pula para undangan terdiri dari Kades Sukacai, Samian, ketua penggerak PKK desa, para kader, tokoh agama dan tokoh masyarakat, Ketua RT serta RW.

Sementara itu, Kades Sukacai bernama Samian mengatakan, bahwa untuk pembangunan gedung pos yandu masih terkendala pengadaan tanah hibah.Tetapi jika sudah ada lahan, untuk pembangunan gedung akan diajukan melalui dana desa (DD).

“Terkait SPAL, sudah ada 55 buah rumah bangunan baru lengkap dengan kamar mandi, untuk SAB sudah terselesaikan dengan adanya Pamsimas di kampung Pamatang dan SAB di kampung Sukacai lebak,” ucapnya.

Hal lain dikatakan, perwakilan dari puskesmas Jiput, Didin Hasanudin, bahwa di MMD bulan ini (November 2020-red), masih ada beberapa poin atau catatan, yaitu masih banyak warga yang merokok di dalam rumah, belum lengkap gedung pos yandu di tiap kampung, pos bindu baru ada satu, dan ibu hamil belum memiliki tabungan atau Tabulin.

Pantauan badakpos.com, agenda MMD berlangsung di aula kantor desa Sukacai, baik para Narsum maupun undangan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Dengan memakai masker dan menjaga jarak, sebelum masuk ruangan cuci tangan dulu di wastafel. (BP11).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here