Puskesmas Jiput Laksanakan MMD Di Desa Tenjolahang, 6 Poin Terungkap.

0
0

Pandeglang, Badakpos.com – Bertempat di aula majelis ta’lim pelaksanaan musyawarah masyarakat desa (MMD) berlangsung pada kamis (25/6/2020).Selain beberapa petugas kesehatan dari Puskesmas Jiput sebagai nara sumber, hadir pula para undangan yang terdiri dari kepala desa setempat, ketua PKK desa, para kader, rt, rw, Kadus dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya, berdasarkan pantauan Badakpos.com.

Dalam agenda MMD tersebut, koordinator bidan dari puskesmas Jiput Kurningsih yang sekaligus sebagai nara sumber menuturkan, bahwa hasil dari survei mawas diri (SMD) yang dikukan oleh para kader pos yandu pada januari 2020, di wilayah desa Tenjolahang masih diketemukan beberapa poin, yaitu:
1.Masih kekurangan bangunan gedung pos yandu di setiap kampung.
2.Belum tersedia sarana air bersih di tiap Kampung.
3.Petugas atau kader kurang dari 5 orang di setiap pos yandu.
4.Masih ada warga atau Ibu melahirkan meminta bantuan ke paraji tanpa didampingi bidan, bahkan paraji tersebut dari luar kecamatan Jiput.
5.Ibu hamil baru memeriksakan kandungan setelah usia 4 bulan.
6 PMT dari sumber dana desa belum terlaksana.

Ditambahkan Kurningsih, bahwa di wilayah kecamatan Jiput ada sekitar 57 orang paraji, tetapi mereka sudah bekerja sama dengan pihak Puskesmas.

Dan para paraji di kecamatan Jiput sudah berkomitmen dengan pihak Polsek setempat, bahwa jika melakukan atau membantu ibu yang melelahkan tanpa disertai bidan, maka mereka siap dikenakan sangsi berupa denda Rp 500 ribu dan kurungan selama 5 hari, ungkap Kurningsih.

Masih dikatakan Kurningsih, untuk menghadapi new normal atau tatanan kehidupan baru, maka ia menghimbau ke para undangan yang hadir, supaya patuhi aturan dari pemerintah terkait protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.

Dilanjutkan Kurningsih, kepada pak Lurah harus berani menegur atau mengingatkan warganya dengan secara sopan, apabila ada warga yang ke luar rumah untuk bepergian tanpa memakai masker.

Pokonya setiap warga harus menggunakan masker saat ke luar rumah, perbanyak makan buah dan sayuran, cuci tangan dengan sabun juga pakai air mengalir setelah beraktivitas, segera mandi dan ganti baju, ini untuk kesehatan dan keselamatan semua, pungkas Koordinator bidan pada puskesmas Jiput.

Ditempat yang sama, kepala desa Tenjolahang Abdul Muiz mengatakan, bahwa untuk pembangunan gedung pos yandu sudah hampir lengkap, tinggal di kampung Babad tengah yang belum ada, tetapi setelah ada salah satu warga sekitar yang bersedia menghibahkan tanah, maka gedung pos yandu akan segera di bangun melalui dana desa mendatang.

Masih dikatakan Kades, terkait penyerta makanan tambahan (PMT) pada september mendatang akan dilaksanakan kembali, biasanya berupa bubur kacang.

Adapun petugas atau kader di tiap pos yandu lengkap sebanyak 5 orang dan semua sudah dapat SK dari desa, terang Kades Tenjolahang.

Ditambahkan Kades, untuk bangunan pos yandu di kampung Babad barat akan dilengkapi dengan toilet, timbangan bayi, kamar tidur untuk bidan desa dan tempat tidur pemeriksaan ibu hamil, pungkasnya. (BP11).

Komentar dibawah ini