Rayakan 1 Muharam 1440 H, Ribuan Masyarakat Antusias Ikuti Pawai Obor

Pandeglang,Badakpos.com – Pelaksanaan festival tahun baru islam 1440 H di Kabupaten Pandeglang sangatlah meriah. Kurang lebih sebanyak empat ribu masyarakat Kabupaten Pandeglang mengikuti acara pawai obor, ditambah lagi ada pembagian doorprize dari panitia untuk para peserta, setelah itu dilanjut dengan acara istigotsah, Senin (10/9).

Start dari Jl. masjid agung Ar-Rohman menuju jl. Pendidikan, memutar ke Jl. Ahmadyani, berbelok ke jl. Sukarela melintas ke Ciherang dan finish dialun-alun Pandeglang.

Amalia salah satu peserta pawai obor dari komunitas Citarasa Kebaikan Pelajar (Cakep) sangat menyambut gembira acara peringatan tahun Islam yang dilaksanakan oleh Pemda Pandeglang. Kata dia, kegiatan ini sangatlah bagus untuk mempererat tali persaudaraan sesama muslim, “Tahun ini meriah sekali, saya harap ini terus menjadi agenda rutin tahunan,” ungkap Amelia.

Amelia berpesan, seharusnya kegiatan sebesar ini dapat diinformasikan dari jauh hari, minimal satu bulan sebelumnya, “Kami dapat informasi dua minggu sebelum acara. Saya yakin jika dari jauh hari pasti akan lebih banyak lagi yang hadir dalam acara ini,” ujarnya.

Melihat banyaknya masyarakat yang hadir pada acara pawai obor, Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap, festival Muharam jadi agenda tahunan sehingga menjadi tradisi di Kabupaten Pandeglang, “Kami ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat yang hadir mulai dari para pondok pesantren, majlis tajlim, para siswa, mahasiswa, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah yang telah ikut memeriahkan tahun baru islam ini,” katanya.

Menurut Bupati Irna, momentum ini memang sebagai suka cita semua umat muslim. Namun dibalik sukacita itu, harus dapat bertapakur dan mengevaluasi diri dari apa yang sudah dilakukan, “Ketaatan kita hanya kepada Allah. SWT semata, mari kita pikirkan apa sumbangsih kita untuk daerah yang kita cintai ini, semoga Pandeglang terus maju dan dalam lindungan Allah. SWT,” harapnya.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat Setda Samsudin mengatakan, dalam festival Muharam ini memang banyak kegiatan yang dilaksanakan yaitu pawai obor, Istighosah lomba cerdas cermat Islami tingkat SLTA, lomba kaligrafi tingkat SMP dan SMA, Musabaqah Tilawatil Quran cabang tilawah dan hifdzil Quran, lomba seni Islami dan acara puncak yaitu tabligh akbar Kyai Haji A. Gymnastiar, “Hal ini dalam rangka mengenbangkan potensi anak muda dan terhindar dari degradasi moral,” katanya.

Menurut Udin, sudah tidak dapat dipungkiri perkembangan zaman dan teknologi begitu pesat, sehingga membuat para siswa harus dapat memilah dalam kegiatan yang dilakukan, ” Kegiatan yang kami lakukan ini adalah hal positif dalam menyerukan aspirasi dan dalam siar islam,” tandasnya.(Bp3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *