RESENSI BUKU : Metode Penelitian Survey

0
7

Oleh : Asep Rafiudin Arief

Penulis adalah : Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mercu Buana

Sinopsisi Metode Penelitian Survey

Riset atau penelitian menggunakan survey merupakan metode yang paling sering digunakan di dunia penelitian untuk mendapatkan data dan informasi terhadap berbagai pertanyaan terutama dalam penelitian social. Para peneliti ilmu sosial seperti ilmu politik, ekonomi, komunikasi hingga keagamaan mengguanakan metode survey dalam penelitiannya. Bahkan survey menjadi tulang punggung penelitian dalam mendapatkan data-data untuk disiplin ilmu pengetahuan tersebut.

Kemampuan, pengetahuan dan keahlian di bidang penelitian survey diperlukan oleh para peneliti agar meningkatkan kualitas dan kredibilitas hasil penelitian. Hal ini juga ditunjukan oleh banyaknya hasil survey yang dikemukakan berbagai lembaga survey di Indonesia, khususnya jajak pendapat di masyarakat sering kali berbeda-beda, dan bahkan bertolak belakang satu sama lain. Meski hasil survey yang berbeda tersebut bias disebabkan oleh banyak faktor, tapi ketidak mengertian para pelaku riset terhadap metode survey juga bisa menjadi faktor penyebabnya.

Ilmu statistik akan tetap diperlukan selama ilmu pengetahuan ilmiah menjadi fondasi bagi berdirinya ilmu sosial. Statistik sosial memberikan sarana bagi penelitian berupa metoda yang obejktif dan sistematis dalam menjelaskan dan memberikan berbagai interpretasi terhadap hasil penelitian. Oleh karena itu mempelajari statistik sosial bagi mahasiswa ilmu sosial merupakan hal yang penting. maka dari itu diperlukan referensi dalam melakukan penelitian survey.

Buku Metode Penelitian Survey ini disusun dalam sepuluh bab, dimulai dari BAB 1 pendahuluan, BAB 2 populasi dan sampel, BAB 3 ukuran dan kesalahan sampel, BAB 4 penelitian survey, BAB 5 statistik untuk survey, BAB 6 uji hipotesis, BAB 7 statistik nonparametrik, BAB 8 statistik parametrik, BAB Analisis Varian (Anova), dan BAB 10 Statistik Korelasi dan Regresi.

Pada BAB 1, di pendahuluan penulis menjelaskan tentang dasar-dasar penelitian seperti metode ilmiah dan landasan penelitian, hubungan variable, unit analisis, serta konseptualisasi dan pengukuran. Diawal bab ini penulis menjabarkan tentang medote ilmiah agar mengashilkan penelitian yang baik dengan memahamikarakteristik metode ilmiah yaitu: terbuka, objektif, empiris, sistematis dan prediktif. yang kemudian penulis melanjutkan bab satu dengan menjelaskan dasar-dasar penelitian langkah-langkah dan tujuan penelitian hingga pengukuran validitas dan reliabilitas datanya.

Sedangkan pada BAB 2, penulis menjelaskan tentang populasi dan sampel, dari metode penarikan sampel hingga memilih teknik penarikan sampel. Penulis mengawali bab dua dengan mejelaskan kesalahan sampling. Hal ini dijelaskan karena setiap penelitian memiliki potensi kesalahan, telebih pada penelitian yang bertujuan untuk mengamati perilaku manusia (behavioral sciences). kemudian bahasan dilanjutkan dengan menjelaskan metode penarikan sampel, secara garis besar ada dua sampel yang dijelaskan beserta cara panarikannya yaitu sampel nonprobabilitas dan sampel probabilitas.

Dan pada BAB 3, penulis membahas ukuran dan kesalahan sampel, bab ini melanjutkan pembahasan bab sebelumnya tentang sampling. pada pembahasan awal dijelaskan tentang ukuran sampel yang diperlukan untuk penelitian serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. kemudian dilanjutkan dengan pembahasan kesalahan-kesalahan sampleing yang lebih detail.

BAB 4 adalah pembahasan utama dalam buku ini tentang penelitian survey. pada bagian awal bab, penulis menjelaskan tentang dua jenis survey yaitu deskriptif dan analitis beserta keunggulan dan kelemahannya. Pembahasan berikutnya adalah tentang memilih bentuk pertanyaan yang akan digunakan dalam kuesioner. Setelah itu penulis membahas tentang bagaimana mendesain kuesioner dari awal hingga mengujinya. Bab ini diakhiri dengan membahas pengumpulan data dengan kuesioner, setidaknya ada 3 poin yang dibahas, yaitu survey surat, survey wawancara dan survey telepon.

Pada BAB 5, penulis membahas tentang statistik untuk survey. Pada bab 4 penulis menjelaskan bahwa penelitian survey dapat dibagi ke dalam dua kategori yaitu survey deskriptif dan survey analisis. Survey deskriptif berupaya menjelaskan atau mencatat kondisi atau sikap untuk mejelaskan apa yang ada saat ini. Sedangkan survey analisis berupaya menggambarkan dan menjelaskan mengapa suatu situasi ada. Survey analisis mempelajari dua variabel atau lebih dalam upaya menjawab pertanyaan penelitian. Upaya untuk menguji hubungan antara variabel dilakukan dengan perhitungan statistik menggunakan rumus statistik tertentu. Pada bab ini dijelaskan perhitungan dan rumus statistik untuk menjelaskan hasil dari penelitian survey.

Dan di BAB 6 penulis menjelaskan tentang uji hipotesis, atau jawaban dari pertanyaan penelitian melalui uji signifikansi serta menentukan kesalahan (error). Sedangkan pada dua bab selanjutnya, BAB 7 dan BAB 8, penulis menjelaskan Statistik Nonparametrik dan Statistik Parametrik. Di awal pembahasan bab, penulis mejeaslan penerapan statistik dan sejarah statistik, kemudian dilanjutkan membahas statsitik non parametrik dan parametrik beserta perbedaannya.

Pada BAB 9, penulis membahasa analisis varian (anova), baik anova satu cara maupun anova dua cara. Dan pada bab terakhir, BAB 10, penulis menjelaskan tentang statistik korelasi dan regresi. Bab ini menjadi bab penutup karena untuk menjelaskan data statistik, salah satu caranya adalah dengan menggunakan ukuran hubungan atau korelasi. Di bab ini penulis menjelaskan bagaimana melakukan interpretasi korelasi serta mengukur kekuatan korelasinya, serta mebahas tentang regresi linear sederhana dan regresi banyak.

Kelebihan Buku
Buku ini mampu memberikan gambaran komprehensif tentang metode penelitian survey yang menjadi lkandasan penting dalam penelitian sosial berbasis data survey, penulis menjelaskan bahasannya dengan sistematis dan mudah dipahami.

Sepuluh bab yang dijelaskan penulis cukup ringkas dan fokus pada materi yang spesifik, khususnya pembahasan survey penelitian. Dan penyususnan bab di buku ini memudahkan pembaca untuk mencari materi atau kajian yang dibutuhkan.
Buku ini menggunakan pembahasan dan bahasa yang mudah dipahami, khususnya bagi mahasiswa tingkat awal serta memiliki penjelasan yang cukup lengkap di setiap pembahasannya.

Buku ini disusun secara knonologis, akan tetapi beberapa bab di buku ini juga menjadi bahasan dibuku metode penelitian dan statistik lain, sehingga pembaca bisa membaca bab dalam buku ini secara terpisah sesuai dengan kebutuhan materi buku.
Buku ini didukung oleh gambar, grafik, skema dan tabel yang memudahkan pembaca memahami penjelasan yang ada di buku ini.

Buku ini fokus pada pembahasan penelitian survey yang masih jarang ditemui, biasanya bahasan tentang survey penelitian hanya menjadi bahasan secara umum di buku penelitian atau statistik. Buku ini bisa menjadi referensi utama untuk kajian penelitian survey.

Kekurangan Buku
Buku ini memberikan pembahasan terlalu banyak pada hampir setiap bahasannya dan menambah tebal buku sehingga tidak begitu praktis dijadikan pegangan saat melakukan penelitian.

Buku ini tidak dilengkapi contoh kuesioner serta pembahasan struktur dan pengujiannya, hanya pembahasan kuesioner dan proses mendesainya saja.
Tidak seperti buku Morissan yang lain, akhir bab di buku ini tidak disediakan latihan soal dan pembahasan jawaban untuk review.

Buku Metode Penelitian Survey ini bisa dibilang buku teoritis akan tetapi bahasannya praktis untuk diterapkan, sayangnya penulis tidak menyediakan worksheet atau penugasan bagi pembaca untuk melakukan praktik penelitian survey.

Judul Buku : Metode Penelitian Survey
Nama Pengarang : Morissan
Penerbit : Prenadamedia Group
Tahun Terbit : 2012
Cetakan : Kelima, Oktober 2018
Ketebalan Buku : xii + 434 halaman
ISBN : 978-602-8730-99-0

Komentar dibawah ini