RESENSI BUKU : Statistik Sosial

0
25

 

Oleh : Tb.Asep Rafiudin Arief
Peresensi adalah : Mahasiswa Pascasarjana Universitas Mercu Buana

 

SINOPSIS STATISTIK SOSIAL

Ilmu statistik akan tetap diperlukan selama ilmu pengetahuan ilmiah menjadi fondasi bagi berdirinya ilmu sosial. Statistik sosial memberikan sarana bagi penelitian berupa metoda yang obejktif dan sistematis dalam menjelaskan dan memberikan berbagai interpretasi terhadap hasil penelitian. Oleh karena itu mempelajari statistik sosial bagi mahasiswa ilmu sosial merupakan hal yang penting.

Mahasiswa ilmu sosial dalam melakukan penelitian ilmiah akan mengumpulkan data dan menggunakan statistik untuk menghasilkan kesimpulan logis yang dapat dipertanggungjawabkan. Maka dari itu penulis menyusun buku ini untuk mengajarkan metode statistik yang menjadi panduan bagi para mahsiswa dan peneliti ilmu sosial. Selai itu penulisan buku ini juga bertujuan untuk mengajarkan prinsip-prinsip berpikir objektif dan logis sebagai hal yang esensial bagi ilmu pengetahuan.

Buku ini disusun dalam dua belas bab, dimulai dari BAB 1 pendahuluan, BAB 2 populasi dan sampel, BAB 3 karakteristik data, BAB 4 tabel distribusi frekuensi, BAB 5 kesalahan sampel, BAB 6 kurva normal & skor z, BAB 7 uji hipotesis, BAB 8 statistik uji-T, BAB 9 uji-T dua sampel independen, BAB 10 analisis varian, BAB 11 statistik korelasi, dan BAB 12 regresi linear. Penyusunan bab buku ini tidak secara kronologi, sehingga pembaca bisa memulai membaca dari bab yang diperlukan.

Pada BAB 1, di pendahuluan penulis menjelaskna tentang dasar-dasar statistik seperti bagaimana membuat hipotesi, menemukan variabel dan hubungannya, pengukuran hingga sistem kuantifikasi.

Sedangkan pada BAB 2, penulis menjelaskan tentang populasi dan sampel, dari metode penarikan sampel hingga memilih teknik penarikan sampel.

Dan pada BAB 3, penulis membahas karakteristik data yang menjelaskan cara mengelola dan meringkaskan data hasil yang diperoleh peneliatian dari populasi atau sampel.

Terdapat dua karaketeristik data yang dibahas; kecenderungan memusat dan dispresi. Pada ketiga bab ini, penulis menjelaskan langkah pertama dalam memulai penelitian sosial, dari merumuskan hipotesis, menentukan populasi atau sampel, dan menentukan karakteristik data yang akan diolah.

BAB 4 penulis menjelaskan tentang tabel distribusi frekuensi yang merupakan statistik deskriptif dan metode dasar yang digunakan untuk menjelaskan data kuantitatif.

BAB 5 tentang kesalahan sampel, penulis menjelaskan tentang bagaimana memvalidasi data dengan menggunakan teori probabilitas, distribusi normal hingga margin of error.

Dan di BAB 6 penulis menjelaskan tentnag kurva normal dan skor-z sebagai salh satu instrumen penting yang sering digunakan peneliti dalam kalkulsi statistik.

Dari BAB 4 – BAB 6 berisi tentang alat-alat statistik untuk mevalisdasi data dalam proses penelitian sosial.

Sedangkan pada BAB 7 – BAB 12 berisi alat-alat statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis serta menginterpretasikan hasil analisis.

Pada BAB 7 terdapat uji hipotesis, BAB 8 statistik uji-T, BAB 9 uji-T dua sampel independen, BAB 10 analisis varian, BAB 11 statistik korelasi, dan BAB 12 regresi linear.

Berbagai alat analisis tersebut digunakan berdasarkan jenis karakteristik data dan hubungan antara variabel yang ada.

 

KELEBIHAN BUKU

Buku ini mampu memberikan gambaran komprehensif tentang metode statistik dalam penelitian sosial serta membangun kerangka berpikir objektif dan logis melalui penjelasan yang sistematis di tiap bab-nya.

Dengan dua belas bab yang ringkas dan fokus pada materi yang spesifik, penyususnan bab di buku ini memudahkan pembaca untuk mencari materi atau kajian yang dibutuhkan.

Buku ini menggunakan pembahasan dan bahasa yang mudah dipahami, khususnya bagi mahasiswa tingkat awal serta memiliki penjelasan yang cukup lengkap di setiap pembahasannya.

Buku ini disusun tidak secara kronologis, sehingga pembaca bisa membaca bab dalam buku ini secara terpisah sesuai dengan kebutuha materi buku.
Pada setiap akhir bab pembahasan, buku ini dilengkapi latihan soal dan jawabannya sehingga memberi kesempatan pembaca untuk mereview materi yang dipelajari.

Buku ini didukung oleh gambar, grafik, skema dan tabel yang memudahkan pembaca memahami penjelasan yang ada di buku ini.

 

KEKURANGAN BUKU

Buku ini memberikan pembahasan terlalu banyak pada hampir setiap bahasannya dan menambah tebal buku sehingga tidak begitu praktis dijadikan pegangan saat melakukan penelitian.

Pembahasan materi di tiap babnya tidak terlalu mendalam sehingga studi kasus yang dibahas dalam buku ini pun kurang variatif pada setiap babnya.

 

Judul Buku : Statistik Sosial
Nama Pengarang : Morissan
Penerbit : Prenadamedia Group
Tahun Terbit : 2016
Cetakan : Kedua, Januari 2018
Ketebalan Buku : ix + 344 halaman
ISBN : 978-602-422-053-2.

(BP1).

Komentar dibawah ini