Saketi Akan Jadi Wisata Kampung Hydroponik

0
86

Pandeglang, Badakpos.com –  Yudi Wahyudin (37) salah satu penggagas dan pengembang tanaman Hydroponik di wilayah Saketi, telah berhasil menembus pasaraan modern, bahkan saat ini sudah banyak pesanan dari luar Kabupaten Pandeglang. “Alhamdulillah setelah kami mengikuti beberapa kegiatan pemeran sayuran banyak pesanan ke kami dari wilayah, Serang, Bogor, Tanggerang dan Jakarta untuk dimasukan ke hotel dan supermarket,” Ungkap Yudi saat ditemui di lokasi budidaya Pakcoy di Desa Saketi, Kecamatan Saketi, Rabu (31/1).

 

Menurutnya, keberhasilannya dalam mengembangkan Hydro, selain dari ke gigihan nya dalam mengembangkan teknology pertanian (Hydroponik), juga dibantu pemasaran dan permodalan oleh Bank Artagraha Perduli serta Dinas Pertanian Bidang Hortikultura. “Alhamdulillah kami di bantu permodalan oleh Bank Artagraha Perduli untuk pengembangan ini, serta pemasarannya oleh Bidang Hortikultura Distan Pandeglang,” katanya.

 

Dilokasi yang sama, perwakilan dari Bank Artagraha Peduli David mengatakan , dana yang digulirkan ini merupakan program Kredit Usaha Rakyat (Kur) tanpa agunan. Kata dia, dengan adanya pdogram ini dapat membantu para petani baik kemandirian dalam usaha maupun kesejahteraan. “intinya hasil dari bantuan yang digulirkan adalah tepat sasaran, ketahanan pangan, dan kesejahteraan para petani,” ungkapnya

 

Kepala Bidang Hortikultura Heni Supiani mengatakan, dirinya terus mendukung pengembangan Hydroponik yang dilakukan oleh para kelompok tani. Kata dia, dengan Hydro lebih higienis, lebih praktis, dan lebih seragam, serta tahan hama penyakit. “Jika dipasarkan di supermarketpun harga sayuran yang dikembangkan dengan Hydroponik lebih mahal, karena menggunakan pupuk organik,” kata Heni.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here