Sakit Saat Buang Air Kecil? Waspadai Anyang-anyangan, Berikut Solusinya.

0
129

Info Sehat, Badakpos.com – Pernahkah anda mengalami rasa perih dan panas saat buang air kecil (BAK)? Hasrat BAK banyak tapi yang keluar sedikit, dan sering menahan buang air kecil karena sedang diperjalanan, lalu BAK perih dan panas?, waspdai segera, karena hal tersebut gejala Anyang anyangan dan Infeksi saluran kemih, Berikut Badak Pos kupas penjelasan beserta solusi medis dan non medisnya.

Menurut para ahli Urologi, Risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan sepanjang hidupnya mencapai 50 persen. Kebanyakan perempuan juga berisiko mengidap kondisi ini berulang kali bahkan hingga bertahun-tahun. Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan:

1.Hasrat berlebih untuk buang air kecil, tapi dengan volume sedikit-sedikit.

2.Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.

3.Rasa perih ketika buang air kecil.Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.

4.Merasa lelah dan kurang sehat.Demam

Anyang – anyangan merupakan gejala awal Infeksi saluran kemih, dan hal terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu Infeksi saluran kemih bawah dan atas. Infeksi saluran kemih bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih.

Beberapa perilaku keseharian kita ternyata dapat menjadi Penyebab Anyang – anyangan dan ISK terjadi dan perlu kita hindari diantarannya :

1. Sering membilas kemaluan dari belakang ke depan setelah buang air? Segera hentikan, Membilas dari belakang ke depan mengakibatkan bakteri dari usus besar, seperti E.coli, dapat keluar dari anus dan masuk ke saluran kencing. Bakteri ini kemudian menginfeksi kandung kemih yang jika tidak segera diobati juga dapat menginfeksi ginjal.

2.Kebiasaan meminum air campuran antara air dingin dan air panas, ini juga dapat menyebabkan anyang – anyangan terjadi.

3. Meminun air mentah atau meminum es batu yang berasal dari air mentah, ini juga dapat menjadi pemicunya.karena air mentah syarat akan terdapatnya perkembangan bakteri E.Coli.

Berikut solusi pertolongan pertama Non Medis mengatasi anyang – anyangan :

1. Mengikat Jempol kaki dengan karet gelang selama 5- 10 menit.

2. Meminum air hangat yang baru di masak atau dari Dispenser yang banyak.

3. Menggabungkan cara 1 dan 2 dan melakukan BAK dengan jongkok merenggang.

4. Anda juga dapat menempatkan kantong atau botol berisi air hangat pada perut bagian bawah untuk mengurangi nyeri pada kandung kemih.

Dan jika Cara non Medis yang dilkuakan sementara belum dapat menyembuhkan maka Anda bisa pergi ke apotek terdekat untuk mencari dan meminum obat ektrak yang di dalamnya mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih, atau dapat langsung berkonsultasi pada dokter. (BP1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here