Salah Satu Oleh-oleh Khas Jiput, Adanya Setahun Sekali

Pandeglang, badakpos.com -ada beberapa kecamatan di kabupaten Pandeglang terkenal hasil produksi pertaniannya, salah satunya adalah kecamatan Jiput.

Berdasarkan informasi yang di dapat badakpos.com, bahwa Jiput dikenal akan hasil padinya, juga durian, manggis, emping dan timun suri.

Dan timun suri adanya setahun sekali pas di bulan ramadhan, serta buah yang satu ini banyak diburu pembeli dari luar, diantaranya Baros, Cibaliung, Labuan, Pandeglang hingga Anyer.

Tetapi tidak semua wilayah di kecamatan Jiput bagus hasil produksi timun surinya, ada dua kampung yang timun surinya diburu para pembeli, yaitu kampung Paiin desa Jiput dan kampung Pamarayan desa Pamarayan.

Sementara Nina warga Anyer saat ditemui dilokasi mengatakan, bahwa ia sengaja datang ke kampung Paniis Jiput untuk membeli si buah wangi yang pulen ini(timun suri), Minggu(12/5).

Lanjut Nina, kalau beli langsung dari petani, selain dapat harga murah juga bisa memilih yang sudah tua dan mateng, beda dengan ditempat ia, serta timun suri asal Jiput rasanya beda dengan wilayah lain, terutama tekstur dagingnya tebal dan pulen.

Sengaja saya beli banyak, selain untuk oleh-oleh ke rumah family(keluarga)juga bisa di jual lagi ke tetangga, tutur Nina.

Ditempat yang sama, Sukri(bukan nama asli)salah seorang petani mengatakan, bahwa ia tiap tahun menjelang bukan ramadhan menanam timun suri dilahan pesawahannya, sebab diluar bulan itu sangat jarang sekali, bahkan bisa dikatakan tidak ada warga yang mencari buah yang satu ini, singkat saja. (Bp-11)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *