Sangat Dekat Dengan Aliran Sungai, Pondasi Bangunan SD Hampir Amblas

Pandeglang, Badakpos.com – Halaman belakang bangunan sekolah dasar disalah satu Sekolah Dasar di Kecamatan Jiput hampir amblas, tepatnya pondasi bagian belakang yang sangat dekat dengan aliran sungai Cibama.

Menurut pantauan badakpos.com bangunan tersebut adalah milik sekolah dasar negeri (SDN) Pamarayan 3 yang berlokasi di kecamatan Jiput, kabupaten Pandeglang, bagian belakang sangat dekat dengan aliran sungai Cibama, diperkirakan kurang dari 1 meter jarak sungai dengan pondasi bangunan.

Saat diwawancarai oleh wartawan badakpos.com Syamsuri kepala sekolah dasar tersebut menuturkan, bahwa sudah beberapa tahun ini halaman belakang sangat dekat sekali ke aliran sungai Cibama, ini terdampak dari abrasi ungkapnya, Senin (10/9/2018).

“Sejak saya tugas disini memang sudah dalam keadaan begitu, bahkan untuk saat ini makin parah, setelah diterjang banjir besar”, tutur Syamsuri.

Tambah Syamsuri, “pada tahun 2016 lalu anggota DPRD kabupaten Pandeglang dari Dapil 3 (sekarang Dapil 6) dalam acara reses meninjau lokasi SDN Pamarayan 3 dan menjanjikan akan segera mengatasi semua itu, tetapi sampai sekarang belum terealisasi, juga dalam Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2017 Korwil Dindik mengusulkan supaya dibangunkan tembok penahan tebing (TPT) dihalaman belakang sekolahan tetapi sampai sekarang belum ada jawaban dari dinas terkait”, imbuh Kasek SDN Pamarayan 3.

Masih Kata Kasek, “sebaiknya dinas DPUPR atau BPBD kabupaten segera membangun TPT atau beronjong di tempat tersebut sebelum datang hujan, karena pengalaman tahun lalu bila datang banjir besar air sungai Cibama meluap, sehingga halaman belakang rata degan sungai”, tutupnya.

Hal yang sama dikatakan Suhanda salah satu pengajar di sekolah tersebut, bahwa letak bangunan sekolah ada di belokan aliran sungai Cibama, bahkan ada informasi dari temanya, dampak dari benturan sungai menjadikan lobang dibawah tidak jauh dari pondasi sekolah, tuturnya.

“semoga saja pihak dinas terkait ataupun donatur untuk membangun TPT, supaya KBM di sekolah tersebut jadi aman, tentram dan nyaman”, harap Suhanda. (BP11/BP1).

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *