Sekda Pandeglang Lepas Peserta JPI

Pandeglang, Badakpos.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Fery Hasanudin melepas peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) asal Pandeglang ke Sawah Lunto Sumatra Barat, Senin (13/11) di acara apel pagi halaman Setda Pandeglang.

Pemuda yang mewakili Kabupaten Pandeglang berangkat ke Sumbar yaitu Rian Hidayat pemuda asal Kecamatan Cikeusik dan Anisa asal Kecamatan Kaduhejo.

Dalam kesempatan tersebut Fery Hasanudin mengatakan, untuk menjadi peserta JPI tentu tidak lah mudah. Kata dia, ada tahapan seleksi yang harus dilakukan baik ditingkat Kabupaten Pandeglang maupun Provinsi Banten. “Adik – adik adalah orang terpilih yang mewakili Pandeglang untuk berangkat ke Sumbar. Oleh sebab itu, saya titip kepada adik berdua untuk dapat menjaga nama baik Kabupaten Pandeglang,” ungkap Fery Hasanudin.

Fery Hasanudin berharap, kegiatan JPI dapat memberikan wawasan dan pengalaman kepada Rendi dan Anis. Jadi sepulang nya dari sana ada pelajaran yang dapat diambil atau ilmu yang didapat untuk di terapkan disini. “Jangan sia – siakan kesempatan ini. Saya harap ini jadi pelajaran yang berharga dalam proses belajar dan menuntut ilmu,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Kepemudaan pada Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Sunarto mengatakan, jumlah peserta yang didaftarkan sebanyak 50 orang. Kata dia (Sunarto), dari jumlah tersebut didaftarkan untk mengikuti Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN), Kapal Pemuda Nusantara (KPN), dan Jambore Pemuda Indonesia (JPI). “Seleksi pertama dilakukan di kabupaten sehingga tinggal 15 orang. Setelah itu baru tingkat Provinsi Banten, dan hasilnya hanya 2 orang yaitu hanya JPI yang lolos,” ucapnya.

Adapun terkait seleksi, Sunarto memaparkan, ada beberapa penekanan yang harus dimilikioleh setiap peserta yang mengikuti seleksi diantaranya memiliki kecakapan Bahasa Daerah, Indonesia, dan Inggris. Selain itu, peserta juga harus memiliki wawasan seni dan budaya, serta wawasan pengembangan kepemudaan. “Untuk tempat seleksi dilakukan di Hotel Ledian Serang selama tiga hari,” tandasnya.

 

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *