SELEKSI KEMAMPUAN DASAR SEKOLAH KEDINASAN DIMULAI HARI INI

1
39

JAKARTA – Mulai hari ini, Selasa (25/4) hingga Juni mendatang beberapa kementerian melaksanakan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD)  bagi lulusan sekolah menengah atas yang ingin berkarier sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).   SKD untuk sekolah-sekolah kedinasan tahun ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Dikutip dari laman menpan.go.id, untuk menghadapi tes seleksi ini para peserta haruslah mempersiapkan diri mereka baik mental maupun fisik karena hal ini  sangat berpengaruh dalam kelancaran mengerjakan soal. Peserta tes perlu mempersiapkan diri dengan membaca hal-hal yang berkaitan dengan materi yang diujikan. Terdapat tiga materi yang diujikan dalam SKD yakni wawasan kebangsaan, intelegensi umum, dan karakteristik pribadi.

Analis Pelayanan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Fika Zaviera Remalia yang mengikuti tes CPNS menggunakan CAT tahun 2014 mengaku bahwa pengerjaan tes CAT itu sangat mudah.

“Tes CAT itu ngga susah kalau kita benar-benar persiapkan dengan baik. Ngga ribet juga waktu lagi ngerjain tesnya, langkah-langkahnya simpel bagi sudah familiar dengan teknologi informasi,” ujarnya.

Hal senada  disampaikan  oleh Yusuf Widayat yang saat ini bekerja sebagai pelaksana pemeriksa di Bea Cukai. Dirinya tidak menemui banyak kendala karena sudah sering latihan soal. Begitu juga dengan Darnella Puspita yang saat ini bekerja sebagai Analis SDM Aparatur di Kementerian PANRB.

Dirinya mengaku mulai membiasakan diri mengerjakan soal-soal yang mengasah kemampuan berhitung. Selain itu juga mempersiapkan diri membaca hal-hal yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan seperti UUD 1945, sejarah dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya. Selain itu, hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah mengenai fisik. Kondisi prima sangat mendukung kesuksesan dalam pengerjaan soal.

Pengolah data junior Kementerian Keuangan Alby Prilia Anggana mengatakan bahwa dirinya tidur dan makan cukup menjelang tes. Hal ini juga diamini Asisten Konselor Adiksi BNN Oktavia Ruthdian. Untuk menjaga konsentrasi dan stamina, perlu mengisi perut dengan makan secukupnya. (BP-2, sumber : HUMAS MENPANRB, Foto : newst.com)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here