Seniman Mengajar: Gelar Festival Kampung Wisata Cikadu

0
33

Pandeglang, BadakPos.com –  Desa Wisata kini kian berkembang. Bahkan banyak daerah yang berlomba-lomba membangun desa wisata. Salah satunya Kp.Cikadu Rt 002/003 Desa Tanjungjaya Kecamatan Panimbang, desa yang kini sedang jadi perbincangan pun tak ketinggalan kini tengah menggalakkan program Desa Wisata.

Kepala Desa Tanjungjaya ditemui disela-sela acara ditempat , Astaka mengatakan, sejak adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Seniman Mengajar ini Alhamdulillah masyarakat warga kami mulai mengenal dan banyak belajar berbagai kesenian baik itu seni tarinya, seni fotograpy, dan Seni-seni yang lainnya Astaka mengatakan kenapa desanya menggalakkan program Desa Wisata, karena tidak ingin daerahnya ketinggalan. Apalagi, Desa Tanjungjaya ini desa penyangga kawasan ekonomi Khusus Desa Wisata merupakan salah satu yang bisa menunjang perekonomian masyarakat desa.

“Bagi kami adanya Seniman Mengajar ke desa kami adalah moment yang sangat baik untuk mengenalkan potensi-potensi desa yang kami miliki kami juga berterima kasih kepada semua warga yang ikut mensukseskan acara ini sekaligus acara ini adalah dalam rangka perpisahan dengan seniman-seniman mengajar yang dikirim oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ke desa kami oleh instruksinya dari pemerintah pusat untuk setiap kabupaten yang ada desa wisatanya. Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih. Adapun pasca nanti kedepannya setelah seniman mengajar tidak ada kami dalam pengembangannya akan rembukkan bersama pihak-pihak terkait agar tetap terus belajar dan kedepannya desa kami pun punya sanggar seni,” ujar Astaka, ditemui di tempat kegiatan, Sabtu (9/09/2017).

Sementara itu, Andre Akar, salah satu seniman mengajar mengatakan dirinya banyak melihat potensi yang bagus di kampung cikadu ini apalagi ada batik juga dan menurutnya seniman mengajar ini dikirim oleh Kementrian Pendidikan dan kebudayaan yang dimana daerah-daerahnya berbeda yang menjadi prioritas mereka. Menurutnya seniman mengajar ini ada dua gelombang yang dikirim diantaranya ada yang di waktobi, dan beberapa tempat lainya di Indonesia. Untuk priode Mei dan gelombang pertama itu dua puluh hari dikirim ke daerah yang ditunjuk oleh kementrian Pendidikan dan Pariwisata atau wilayah yang sudah ditunjuk penugasannya dan gelombang yang ke dua ini ya di kampung wisata cikadu ini di Kabupaten Pandeglang.

“Masing-masing desa ini menyimpan kekayaan alam dan budaya yang sangat cocok untuk dikembangkan. Desa Tanjungjaya, misalnya. Di desa ini bisa menjadi desa desitinasi wisata karena berdekatan dengan tanjung lesung yang potensi alam nya masih asri. Kami ber lima ini dari seniman berbagai seniman ada Seni tari, les musik, seni teradisional, seni media dan teater. Kami ini berangkat dari berbagai tempat awalnya tidak mengenal satu sama lain dipertemukan disini untuk menjadi seniman mengajar di desa tanjungjaya dan respon masyarakat menyambut baik dengan datangnya kami,” ujar Andre akar.

Ditemui ditempat yang sama, Kariem Amrullah selaku Ketua Pelaksana mengatakan, Tujuan diadakannya kegiatan Festival Kampung Wisata Cikadu ini adalah mengenalkan kampung wisata dari sisi budaya dan culture masyarakat disini apalagi desa tanjungjaya adalah sentra penyangga kawasan ekonomi khusus ( KEK -red) “Jadi sebelum wisatawan datang ke tanjung lesung bisa mampir dulu ke kampung kami. Jadi kami memperkenalkan kampung ini melalui budaya dan kerajinan-kerajinan yang masyarakat buat, bukan kita yang harus kesana”. Ucapnya (B4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here