Sertifikat PTSL Desa Pejamben Masih Belum Terealisasi Semua, Ini Alasannya.

0
27

Pandeglang, Badakpos.com – Desa Pejamben kecamatan Carita kabupaten Pandeglang mendapatkan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL), sebanyak 750 sertifikat atau sekitar 1171 bidang tanah. namun pada kenyataanya belum seluruhnya terealisasi.

Untuk memudahkan dan meringankan beban warga dalam pembuatan buku sertifikat tanah, dengan demikian pihak pemerintah melalui pihak terkait melakukan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) atau dulu disebut sertifikat Prona.

Kepala desa Pejamben, Sukani saat ditemui mengatakan, bahwa sampai saat ini kurang lebih baru sekitar 400 buku sertifikat PTSL yang sudah terdistribusi ke masyarakat.

“Sedangkan warga yang mengajukan untuk pembuatan sertifikat PTSL ada sekitar kurang lebih 750 warga atau 1171 bidang tanah, jadi masih banyak yang belum selesai,” terang Kades Pejamben.

Masih dikatakan Sukani, adapun buku sertifikat yang jadi sudah dikasih ke pihak warga, dan yang belum selesai itu masih terkendala persyaratan administrasi.

Ditambahkan Sukani, dirinya menghimbau bagi warga yang sudah punya sertifikat tanah tersebut untuk bisa menyimpan dan mengamankan dengan baik, jika terdesak kebutuhan untuk modal usaha, sertifikat tanah tersebut bisa di jadikan anggunan atau jaminan ke Bank.

Bagi warga yang mengajukan PTSL kata Sukani, tetapi buku sertifikatnya belum jadi karena terkendala persyaratan, segera untuk bisa melengkapinya.

Ditemui terpisah, salah seorang warga sekitar yang enggan disebut namanya mengatakan, ia bersyukur dengan adanya program dari pemerintah berupa pembuatan sertifikat masal atau di kolektif, karena bisa memudahkan dan meringankan beban warga. (BP11).

Komentar dibawah ini