SIAPA SANGKA, TANAMAN GULMA INI SUNGGUH DAHSYAT KHASIATNYA

0
128

Badakpos.com, info bugar – Sungguh benar firman Nya bahwa tiada sesuatu yang Dia ciptakan kecuali ada manfaat padanya bagi kehidupan. Untuk sebagian petani krokot diduga sebagai tanaman gulma yang mengganggu, oleh karenanya krokot kerapkali dicabut dan dibuang. Tetapi tahukah anda bahwa tanaman ini memiliki manfaat yang luar biasa dahsyat untuk kesehatan badan manusia.

Daun krokot memiliki kandungan vitamin A, B komplek serta C, omega 3, tanin, I­noradrenalin, dopa, asam linoleat, KSO4, KCI, nicotinic acid, saponin, dopamin, noradrenalin, dan KNO3. Begitu banyak kandungan vitamin dan mineral pada tanaman ini sehingga dapat menangani berbagai masalah kesehatan. Seluruh bagian dari tanaman tersebut dapat digunakan untuk pengobatan herbal berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Maag. Penyakit yang satu ini kerap mengganggu aktivitas kita. Tanaman krokot dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ini. Caranya adalah dengan menyiapkan krokot yang masih segar lantas diuapkan/dikukus selama 5 menit lalu dihaluskan dan diperas dan air perasannya dapat diminum 3 kali dalam 1 hari. Insya Allah gejala maag akan berkurang. Radang usus juga bisa diatasi dengan obat herba dari krokot ini.

Jantung koroner. Kandungan omega 3 pada daun krokot yang termasuk cukup tinggi dapat menolong menghindari penyakit jantung. koroner hingga sroke. Caranya, seluruh bagian tanaman krokot segar ditumbuk halus lalu diberi air secukupnya dan diperas. Air perasan langsung diminum sehari dua kali. Dapat juga ditambahkan madu pada air perasan tersebut.

Kesehatan mata. Batang serta daun krokot mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A dapat membantu menyehatkan pandangan kita. Selain itu konsumsi vitamin A yang merupakan anti oksidan juga dapat menggunakan kita dari penyakit kanker rongga mulut serta paru­ paru.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman krokot yang selama ini mungkin hanya kita anggap sebagai tanaman gulma di pinggir pematang. (BP2, dari berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here