SK Sudah Ditangan, DPRD Pandeglang Siap Dilantik

0
1

Pandeglang, badakpos.com – Surat Keputusan (SK) DPRD Pandeglang pimpinan definitif dari Gubernur Banten sudah ada ditangan. Diketahui tidak hanya SK, melainkan pihak DPRD Pandeglang juga sudah ngebet dilantik, membereskan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 dan APBD Tahun Anggaran (TA) 2020.

Ketua sementara DPRD Pandeglang, Tb Udi Juhdi mengatakan banyak sekali agenda yang harus diselesaikan oleh pihak DPRD Pandeglang. Selain menyelesaikan AKD, ada agenda yang lebih penting untuk masyarakat Pandeglang, yakni menyelesaikan APBD-P dan APBD TA 2020 nanti.

Lebih lanjut Udi, dirinya menegaskan bukan tidak ingin pelantikan pimpimpinan definitif dilaksanakan lebih cepat. Akan tetapi ada mekanisme yang mesti ditempuh agar pelantikan dapat segera dilaksanakan, dimana untuk saat ini SK dari Gubernur sudah diterima oleh pihaknya. “SK pimpinan definitif dari Gubernur Banten sudah diterima tadi pagi. Alhamdulillah diproses sangat cepat sekali, karena pihak Provinsi juga mengetahui situasi dan kondisi Kabupaten Pandeglang yang mengharuskan melaksanakan pelantikan pimpinan definitif dengan cepat,” jelasnya.

Udi menambahkan, pihaknya juga tidak ingin menjadi gunjingan masyarakat Kabupaten Pandeglang akibat keterlambatan pembahasan APBD-P 2019 dan APBD TA 2020. Apalagi dengan ditambahkan kebutuhan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) harus segera diselesaikan. Sebab itulah tegasnya lagi, ia kerja maraton agar pelantikan terlaksana pekan ini. “Beban moral kalau APBD Perubahan tidak terselesaikan. Maka dari itulah kami terus berupaya mengejar pelantikan pimpinan agar bisa dilakukan minggu-minggu ini. Intinya, kami juga fokus mengejar perubahan, setelah itu baru melangkah ke APBD 2020,” tambahnya.

Masih dikatakan Udi, setelah menerima SK dari Gubernur, tahap selanjutnya akan melakukan koordinasi dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Pandeglang. “Paling saat ini kami hanya menunggu jadwal dari PN Pandeglang. Harapan kami pekan ini bisa dilantik, mudah-mudahan ada kelongaran waktu dari Kepala PN, sehingga besok atau lusa bisa melaksanakan pelantikan,” bebernya panjang.

Ditemui secara terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin mengaku sangat berharap setelah SK turun dari Gubernur, pihak DPRD segera melakukan pelantikan. Akan tetapi, pihaknya merasa setelah melakukan koordinasi dengan pihak DPRD ditemukan adanya kendala untuk melaksanakan pelantikan. “Kendalanya sekarang itu kan, pengucapan sumpah harus dipandu oleh pihak PN Pandeglang. Akan tetapi Kepala PN-nya sedang pendidikan. Maka dari itulah kami minta petunjuk keinstitusi yang bersangkutan, dan suruh buat surat. Karena harus konsultasi dengan pihak pengadilan” tutupnya. (BP-10)

Komentar dibawah ini