Soal Kelangkaan Pupuk, Anggota DPRD Banten Nurul Wasi’ah Serap Aspirasi Petani Pandeglang

0
46

Pandeglang, Badakpos.com – Kelangkaan pupuk menjadi topik utama yang disampaikan masyarakat Pandeglang dalam reses masa sidang ke-satu tahun 2021, anggota DPRD Banten Dapil 9 Pandeglang Hj.Nurul Wasi’ah,Amd.Keb, yang dilaksanakan pada tanggal 1 Desember hingga 11 Desember 2020.

Seperti diketahui, Kabupaten Pandeglang memiliki wilayah pertanian terluas di provinsi Banten, luasnya mencapai 54.768 hektar menurut data statistik.

Dalam sesi diskusi jaring aspirasi masyarakat (jaring asmara) saat reses, kelangkaan pupuk dikeluhkan oleh salah satu warga kampung pangalengan desa cimoyan kecamatan Patia, Jaed, “akhir-akhir ini saya dengan para petani lain sangat sulit mendapatkan pupuk, tidak tahu kenapa, katanya harus pakai kartu tani, sedangkan tidak semua masyarakat memiliki kartu itu (kartu tani-red)”, ungkapnya.

“Jangankan pupuk bersubsidi dari pemerintah, untuk beli secara mandiri pun kami kesulitan,” terang Jaed.

Menjawab jaring asmara soal keluhan masyarakat, Nurul Wasi’ah menyampaikan, dari delapan titik kunjungannya selama sebelas hari, ia mendapati saat ini rata-rata keluhan yang sama (kelangkaan pupuk-red) juga dirasakan petani yang lainnya.

“Alhamdulillah soal kelangkaan pupuk ini telah menjadi fokus pembahasan di PKS dari pusat hingga kabupaten, kemarin (1/12) Fraksi PKS DPRD Pandeglang telah mengumpulkan pihak terkait, dan membahas soal ini (kelangkaan pupuk-red) dengan dinas pertanian, perwakilan penyuluh, praktisi media dan akademisi, melalui rapat virtual”, kata Nurul Wasi’ah.

“Sedangkan di DPRD Provinsi, kami komisi dua telah memanggil dinas terkait, terungkap menurut hasil audiensi bahwa, ternyata pupuk bukan langka akan tetapi sulit diakses, karena perubahan sistem distribusi melalui perbankan dengan sistem non tunai”, ujar Nurul kepada masyarakat.

Masalah kelangkaan pupuk ini sudah mulai bisa di urai kata Nurul, “Insya Allah kami akan perjuangakan aspitasi masyarakat Pandeglang dan akan kami tindak lanjuti segera”, tutup Nurul.

Hadir dalam kegiatan tersebut, sekretaris umum DPD PKS Pandeglang H.Hasan Afifi, Koordibator zona Afit Hikmah Rahmatullah, DPC PKS Kecamatan Dapil lima, tokoh masyarakat setempat dan tokoh perwakilan perempuan. (BP1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here